Negara manakah yang meraih predikat world's cleanest country? | BREAKTIME
Negara manakah yang meraih predikat world's cleanest country?
07.04.2015

Sekarang ini dunia sedang menghadapi tantangan yang sangat besar yaitu terjadinya global warming yang jika terus dibiarkan bisa mengancam kehidupan manusia. Padahal, ada hal mudah yang sebenarnya bisa dilakukan setiap individu untuk menjaga bumi, yaitu memperhatikan kebersihan dan menghindari polusi.

Nah, berbicara masalah kebersihan dunia, kira-kira negara manakah yang meraih predikat sebagai world's cleanest country? Singapura atau Switzerland?

Singapura bisa dibilang menjadi negara yang mengedepankan kebersihan di segala bidang. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana negara tersebut berupaya keras membuat berbagai peraturan yang menyangkut kebersihan, misalnya dengan menetapkan denda tinggi untuk warganya yang tertangkap basah membuang sampah sembarangan.

Namun ternyata, Singapura bukanlah negara terbersih di dunia. Singapura menempati urutan keempat negara terbersih di dunia dengan perolehan EPI (Environmental Performance Index) sebesar 81, 78 pada tahun 2014. 

Switzerland, negara terbersih di dunia
Switzerland, negara terbersih di dunia

Sedangkan yang menjadi jawara negeri terbersih di dunia adalah Switzerland, dengan perolehan EPI sebesar 87.67 dari total 100 score. Switzeland memiliki air dan udara yang sangat bersih sehingga sangat layak untuk dihuni.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Ternyata, Indonesia ada di urutan ke 112 dari 178 negara dengan EPI sebesar 44.36. Masih jauh sekali ya, kalau dibandingkan dengan Singapura apalagi Switzerland? Untuk mewujudkan negara yang bersih dan bebas polusi, bukan cuma pemerintah saja yang wajib bertindak. Seluruh warga negara pun perlu mengambil langkah nyata dengan menerapkan pendidikan kebersihan sejak dini dan tentu saja mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Share This Article

Tagging: