Musik Mozart Bisa Tingkatkan Fungsi Kecerdasan Otak, Benarkah? | BREAKTIME
Musik Mozart Bisa Tingkatkan Fungsi Kecerdasan Otak, Benarkah?
09.03.2015

“Without music, life would be a mistake.” 
 -Friedrich Nietzsche-

Banyak sekali mitos yang mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik khususnya gubahan Mozart bisa meningkatkan kecerdasan otak. Namun, apakah benar musik klasik semacam ini memang bisa meningkatkan kecerdasan otak? 

Alright, ini jawabannya! Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nicolas Spitzer, seorang pakar neurosains di University of California pada bulan Agustus tahun 2013 lalu, mengemukakan hasil yang mengejutkan bahwa musik klasik tidak memberikan efek apapun untuk kecerdasan otak. 

Tentunya, hal tersebut menimbulkan pro-kontra karena selama ini begitu banyak yang mempercayai the Mozart Effect. Namun, Spitzer menjelaskan secara gamblang bahwa satu-satunya cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kecerdasan otak adalah berlatih musik itu sendiri, bukan hanya mendengarkannya.

Mitos tentang the Mozart effect ini sebenarnya berkembang pada tahun 1950-an. Seorang dokter THT bernama Albert Tomatis yang berasal dari Perancis mengklaim bahwa musik Mozart berhasil menolong orang-orang yang memiliki masalah dalam hal berbicara dan berkomunikasi. 

Selain itu, sebuah penelitian lain yang dilakukan di University of California pada tahun 1990-an mengemukakan bahwa mendengarkan musik Mozart bisa memberikan efek meningkatkan kecerdasan otak. Penelitian tersebut dilakukan pada 36 orang dengan memperdengarkan musik Mozart selama 10 menit. Setelah itu, dilakukan tes IQ dan ternyata hasil dari para peserta tersebut naik 8 poin jika dibandingkan dengan tes yang dilakukan tanpa mendengarkan musik Mozart.

Namun, Dr. Frances Rauscher yang juga ikut serta dalam penelitian tersebut menyangkal hasil yang diungkapkan oleh Dr. Gorgon. Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa musik Mozart atau musik klasik lainnya tidak bisa meningkatkan kecerdasan otak, melainkan hanya dapat mempengaruhi kerja otak. Yang bisa meningkatkan kecerdasan otak dan kepercayaan diri adalah belajar instrumen musik itu sendiri, seperti yang telah diungkapkan oleh Spitzer sebelumnya.

B’timers sendiri bagaimana? Masih percaya jika mendengarkan musik klasik bisa meningkatkan kecerdasan atau lebih memilih melakukan hal lain yang memberikan dampak lebih nyata?

Share This Article