Manakah Rentang Usia yang Lebih Rentan Terserang Penyakit? | BREAKTIME
Manakah Rentang Usia yang Lebih Rentan Terserang Penyakit?
16.04.2015

B’timers, Anda pasti setuju kalau kesehatan merupakan harta yang paling berharga. Sayangnya, berbagai penyakit datang tanpa diduga dan bisa merenggut waktu serta nyawa orang-orang yang Anda sayangi. Tak hanya pada mereka yang sudah berusia lanjut, penyakit juga rentan menyerang mereka yang ada dalam usia produktif.

Ya, tahukah Anda bahwa penyakit-penyakit tersebut ternyata dapat datang lebih awal pada penderitanya? Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Martin Fortin, MD, MSc, CMFC yang bekerja di family medicine department di Quebec’s Sherbrooke University, dari 980 orang dewasa yang ditangani oleh 21 dokter, 9 dari 10 di antaranya memiliki lebih dari satu jenis penyakit kronis.

Setidaknya, pasien yang berusia 45 hingga 64 tahun memiliki lima atau lebih penyakit kronis yang perlu untuk segera ditangani. Jumlah inilah yang menjadikan tim medis harus bekerja ekstra 30% tiap tahunnya untuk menangani semua permasalahan kesehatan tersebut.

Manakah Rentang Usia yang Lebih Rentan Terserang Penyakit? | BREAKTIME
Orang berusia 45 hingga 64 tahun lebih rentan terserang penyakit kronis

Jenis penyakit kronis yang paling jamak ditemui dalam penelitian Fortin adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit rheumatic. Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab utama bagi kemunculan penyakit ini? Ternyata, faktor gaya hidup seperti merokok, olahraga yang kurang, serta penambahan berat badan berlebih sangat berkontribusi besar dalam meningkatkan kemunculan penyakit kronis. 

Para peneliti dari RAND Health, salah satu badan penelitian independen terbesar di AS, menyimpulkan bahwa orang di usia 45 hingga 64 tahun dan memiliki berat badan berlebih 67% lebih rentan terkena sejumlah penyakit kronis dibandingkan mereka yang memiliki berat badan ideal. Sementara orang yang aktif merokok memiliki peluang 25% lebih tinggi untuk mengalami sejumlah penyakit kronis.

Kendati demikian, tidak semua penyakit kronis meningkat seiring dengan pertambahan usia. Penyakit semacam gagal ginjal, rematik, penyakit paru-paru kronis juga bisa menyerang orang dengan usia lebih muda, lho. So, mulai sekarang aturlah dengan baik gaya hidup sehat Anda agar tubuh tetap sehat meski usia tak lagi muda.

Share This Article