Manakah Kegiatan yang Bisa Tingkatkan Mood dengan Cepat? | BREAKTIME
Manakah Kegiatan yang Bisa Tingkatkan Mood dengan Cepat?
06.04.2015
“Color is the fruit of life”

-Guillaume Apollinaire-

Paskah tiba, B’timers pasti menjumpai tradisi mewarnai telur khususnya untuk anak-anak. Pada awalnya, tradisi ini dilakukan saat Raja Edward I dari Inggris bertahta sekitar tahun 1307. Pada zaman itu, Raja Edward I memberikan perintah untuk merebus dan membungkus 450 telur dengan warna keemasan ketika menjelang Paskah. Tahun demi tahun bergulir, akhirnya tradisi membungkus telur itu berubah menjadi tradisi menghias dengan cara dilukis atau diwarnai. 

Nah, di sisi lain, aktivitas ini ternyata juga bisa membantu menenangkan pikiran, lho. Bagaimana caranya? Apakah dengan menyantap telur-telur rebus tersebut?

Tentu saja bukan, B’timers! Yang bisa membantu Anda untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan mood adalah aktivitas mewarnai dan melukis telur Paskah. Menurut psikolog asal Spanyol, Gloria Martinez Ayala, mewarnai dan melukis memang dapat meningkatkan mood serta menurunkan level stress pada orang dewasa. Sebab, saat mewarnai Anda akan lebih fokus terhadap pemilihan dan kombinasi warna, sehingga rasa khawatir maupun beban pikiran yang lain bisa teralihkan.

Selain itu, mewarnai dan melukis juga membawa kembali memori masa kecil sehingga membuat Anda merasa lebih rileks dan nyaman. Sedangkan konsultan dekorasi dan warna asal Old Greenwich, Leslie Harrington, menyebutkan bahwa warna adalah bahasa non-verbal yang tidak hanya terpaku pada estetika saja, namun juga memiliki pengaruh terhadap emosi dan perilaku.

Nah B’timers, ternyata dengan mewarna telur di hari Paskah, Anda bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, ya: melakukan tradisi Paskah sekaligus memperbaiki mood dan menekan level stress. Let’s color!

Share This Article