Lari vs Bersepeda: Mana Paling Efektif Bakar Kalori? | BREAKTIME
Lari vs Bersepeda: Mana Paling Efektif Bakar Kalori?
31.03.2015

Bila akhir-akhir ini B’timers merasa cemas dengan berat badan yang makin bertambah dan ingin segera membakar kalori, jangan ragu untuk melakukan olahraga rutin at our off-duty. But the question is, manakah olahraga yang paling efektif untuk membakar kalori tubuh sehingga hasilnya lebih maksimal?

Kemudahan melakukan aktivitas luar ruangan dengan cara fun seperti bersepeda atau berlari menjadikan kedua olahraga ini jamak jadi pilihan, terlebih bagi pekerja kantoran. However, both have trade-off when it comes to weight loss. Untuk menurunkan berat badan sebanyak 0,5 kg, setidaknya Anda harus membakar kalori sebanyak 3500.

Sekilas angka ini memang terkesan banyak. Namun bila Anda sudah terbiasa melakukan olahraga lari sebagai bagian dari gaya hidup, you’ll find it easier to reach this goal than you may think. Yap, dalam hal membakar kalori tubuh, lari menjadi kegiatan sederhana yang patut Anda coba di waktu libur.

Menurut Dr. Tanaka, profesor di bidang Kinesiologi serta direktur lembaga Cardiovascular Aging Research Laboratory di University of Texas, Amerika, seseorang dengan berat 75 kg bisa membakar 1000 kalori dengan cara berlari, sedangkan bila bersepeda Anda hanya akan membakar kalori sebanyak 850 saja, lho. Wow, can you imagine that?

Selain itu, total banyaknya kalori yang mampu dibakar oleh tubuh memang berbanding lurus dengan jarak lari yang Anda tempuh. So, the faster you go, the more calories you’ll burn per hour as you’re covering more distance. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Cape Town di tahun 2010 dan University of Birmingham menunjukkan adanya peningkatan oksidasi lemak yang baik ketika berlari.

Bagaimana? Apakah B’timers siap membakar kalori tubuh dalam tempo singkat melalui cara sederhana? Dengan memilih olahraga satu ini, all you need is a good pair of running shoes. What are you waiting for? Run now!

Share This Article