Di Tahun Berapakah Hari Kesehatan Dunia Pertama Kali Diperingati? | Breaktime
Di Tahun Berapakah Hari Kesehatan Dunia Pertama Kali Diperingati?
20.04.2015
“It is health that is real wealth and not pieces of gold and silver.”

-Mahatma Gandhi-

Kesehatan tentu jadi sumber kebahagiaan yang mutlak, ya. B’timers bisa berangkat bekerja ke kantor setiap hari dan melakukan berbagai aktivitas dengan orang-orang tercinta berkat tubuh yang sehat, bukan? Nah, karena kesadaran akan pentingnya kesehatan inilah, World Health Assembly akhirnya membuat keputusan untuk mendirikan WHO atau World Health Organization, sebuah organisasi internasional yang bergerak di bidang kesehatan dunia.

Bicara soal Hari Kesehatan Dunia, WHO-lah yang pertama kali mencetuskan peringatannya pada tanggal 7 April yang kini selalu diperingati setiap tahun. Namun, tahukah Anda pada tahun berapa Hari Kesehatan Dunia pertama kali diresmikan? Apakah ada kesamaan dengan tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Well, bila di tahun 1945 merupakan momen pembentukan WHO, maka Hari Kesehatan Dunia pertama kali dicetuskan tiga tahun setelahnya, tepatnya tahun 1948. Hari Kesehatan Dunia sendiri diperingati untuk menandai kesuksesan didirikannya WHO yang memiliki visi dan misi “mengajak” dunia untuk lebih peduli dengan isu kesehatan.

WHO berharap dengan adanya peringatan Hari Kesehatan Dunia ini, masyarakat global akan lebih sadar betapa mahalnya “harga” kesehatan yang pada akhirnya akan diikuti dengan aksi perubahan gaya hidup menuju ke arah yang lebih baik.

WHO mengajak kita peduli dengan kesehatan
WHO mengajak kita peduli dengan kesehatan

Lalu, siapa sajakah orang-orang yang aktif di hari kesehatan dunia ini? Ternyata ada begitu banyak organisasi baik itu milik pemerintah maupun non-pemerintah yang tersebar di berbagai negara yang aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan kesehatan sebagai bentuk dukungan terhadap WHO. 

Maka tak jarang kegiatan ini menyedot perhatian media untuk datang meliput. Selain Hari Kesehatan Dunia, kampanye kesehatan lain yang juga dicetuskan oleh WHO antara lain adalah Hari TBC Dunia, Hari AIDS Dunia, serta Hari Donor Darah Dunia.

Nah, di tahun ini, WHO menghimbau perbaikan untuk food safety sebagai bagian dari kampanye Hari Kesehatan Dunia 2015. WHO menjalin kerja sama dengan sejumlah negara untuk mencegah, mendeteksi, serta menangani penyakit yang berasal dari makanan sesuai dengan Codex Alimentarius atau Book of Food, yakni standar internasional untuk sistem pangan.

Bagaimana dengan B’timers? Sudahkah Anda mencurahkan perhatian pada kesehatan Anda dan keluarga?

Share This Article

Tagging: