Di Manakah Perkumpulan Dokter Dunia Pertama Kali Dilakukan? | Breaktime
Di Manakah Perkumpulan Dokter Dunia Pertama Kali Dilakukan?
05.05.2015

B’timers, tahukah Anda? Perkumpulan dokter dunia atau yang biasa disebut dengan World Medical Association (WMA) adalah sebuah organisasi independen yang berdiri sejak 18 September tahun 1947. Dan pada tahun 2013 lalu, WMA telah memiliki anggota sejumlah 10 juta dokter lebih dari berbagai belahan dunia. 

Tujuan utama WMA ini adalah untuk mencapai standar tertinggi internasional dalam bidang kedokteran dan etika medis . Selain itu, perkumpulan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di berbagai belahan dunia.  

Lalu di manakah perkumpulan ini pertama kali diadakan? Enam puluh delapan tahun lalu, 27 orang dokter ahli dari berbagai belahan dunia berkumpul di Ferney-Voltaire, Perancis untuk meresmikan terbentuknya WMA. Setelah didirikan, WMA menjadi percontohan medical organization bagi organisasi serupa di berbagai belahan dunia.

Perancis, di negara inilah perkumpulan WMA pertama kali digelar
Perancis, di negara inilah perkumpulan WMA pertama kali digelar

Sementara di Finlandia sendiri, juga ada organisasi kesehatan yang bernama The Finnish Medical Association (FMA) yang terbentuk jauh lebih awal dari WMA yakni pada tahun 1910. Tak jauh berbeda dengan WMA, FMA juga bertujuan untuk menciptakan komunikasi antar dokter dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang medis. Hanya saja, lingkupnya lebih sempit yakni terbatas di Finlandia saja.

Well, tak cuma memiliki pesona yang romantis, Perancis ternyata juga menyimpan sejarah yang cukup penting untuk dunia kesehatan. Jadi makin ingin liburan ke negara satu ini ya, B’timers!

Share This Article