Di Manakah Lokasi Balap F1 Terakhir Ayrton Senna? | BREAKTIME
Di Manakah Lokasi Balap F1 Terakhir Ayrton Senna?
21.03.2015

“I have no idols. I admire work, dedication, and competence.”

Di tanggal 21 Maret ini, masihkah B’timers teringat pada pembalap F1 Ayrton Senna? Yap, ditanggal inilah, tepatnya tahun 1960 silam sang pembalap legendaris Brazil tersebut dilahirkan. Selama masa berkarier, setidaknya Senna berhasil menyabet tiga Formula One World Championships yang menjadikan namanya semakin berkibar di penjuru dunia.

Sayangnya, di tanggal 1 Mei 1994, Ayrton Senna mengalami sebuah kecelekaan tragis yang merenggut nyawanya. Kejadian tersebut bermula ketika ia sedang berlaga di San Marino Grand Prix, Italia. Kejadian ini berawal ketika di awal lap ke-5 Ayrton Senna memimpin di atas mobil Williams Renault. 

Namun, juara dunia tiga kali tersebut tewas mengenaskan setelah mobilnya meluncur dan menabrak dinding pembatas di tikungan Tamburello, sirkuit Imola, Italia. Sekitar 10 detik usai kecelakaan terjadi, bendera merah berkibar dan balapan pun segera dihentikan.

Setelah tim medis F1 yang dipimpin Professor Sid Watkins menyatakan bahwa Senna tak sadarkan diri, ia pun langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat di Maggiore, Bologna. Setelah dua jam usai lomba berakhir, dokter akhirnya menyatakan bahwa Ayrton Senna sudah tiada. Menurut hasil pemeriksaan medis, Senna mengalami pendarahan hebat di kepala akibat beturan yang dialaminya.

Meski peristiwa tersebut telah berlalu 21 tahun yang lalu, faktanya nama Senna justru semakin berdengung sebagai pembalap legendaris di telinga para pecinta laga F1. Meneruskan jejak ayahnya, Bruno Senna yang kini tergabung dalam tim Mahindra Racing sejak tahun 2014 tersebut juga tak kalah berprestasi. Meski belum sepiawai mendiang ayahnya, Brunno Senna juga pernah sukses menyabet penghargaan Lorenzo Bandini Racing di tahun 2012.

 

Share This Article