Cara Tepat Mengatasi Tantrum Pada Anak | Breaktime
Cara Tepat Mengatasi Tantrum Pada Anak
02.11.2017

Tantrum adalah saat dimana seorang anak mengalami emosi yang meledak-ledak. Beberapa waktu yang lalu sempat viral di media sosial ada seorang ayah yang membiarkan buah hatinya tidur di trotoar. Ia hanya berdiri membiarkan anaknya dan sang istri pun juga tersenyum sambil mengabadikan momen tersebut. Melihat kejadian tersebut, banyak orang yang lalu lalang di sekitar mereka menatap dan mencibir. Keduanya tak ambil pusing akan hal tersebut. Bahkan seorang ayah tersebut hanya membiarkan anaknya sambil melindungi dari sinar matahari, sesekali juga menawarkan air minum.

Bahkan sang ayah juga bertanya apakah buah hatinya sudah bisa bangun dan sudah selesai dengan rengekan mereka. Sang buah hati pun lucunya juga menjawab dan meminta ayah ibunya untuk menunggu sebentar. Hal ini rupanya justru menuai pro dari warga net. Cara pria tersebut dalam mengatasi tantrum yang terjadi pada anaknya begitu cerdas. Ia membiarkan buah hati untuk menenangkan dirinya sendiri dan mengendalikan emosi mereka sendiri. Namun apakah itu cara yang benar untuk meredakan tantrum?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seluk-beluk Manfaat Kulit Pisang Untuk Rambut

Ketika emosinya sedang meledak, mereka kehilangan akal. Semuanya diambil alih oleh emosi, itulah mengapa mereka bisa sampai berteriak, menangis sejadi-jadinya, dan merengek tak berhenti. Anda mungkin harus benar-benar memahami apa itu tantrum dan bagaimana cara penanganan yang tepat. Apakah kasus di atas sudah tepat dan bisa membuat anak tak lagi seperti itu?

Memang, cara ayah tersebut sudah tepat. Anak yang sedang tantrum memang harus diberi ruang untuk mengeluarkan amarah mereka. Cara ini juga mengajarkan pada mereka bagaimana mengendalikan emosinya dan berpikir bahwa tidak semua yang diinginkan di dunia ini tidak bisa dengan mudah didapatkan. Dengan begitu, mereka akan menarik diri bersama-sama dan mendapatkan kontrolnya kembali.

Cara Tepat Mengatasi Tantrum Pada Anak | Breaktime
Hadapi anak yang sedang tantrum dengan tenang
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penyebab Thalassemia, Penyakit Langka Berbahaya

Cara lainnya adalah dengan membuat pengalihan. Sebisa mungkin buat mereka tertarik dengan hal lain dan masih bisa Anda lakukan. Jangan hanya membuat janji tentunya, karena nanti mereka akan terus menagih. Misalnya saja ajak mereka bermain atau pergi ke tempat hiburan anak-anak yang menyenangkan dan mengedukasi.

Kedisiplinan tanpa memukul juga bisa B’timers lakukan. Tarik napas panjang dan dalam jika Anda memiliki dorongan untuk memukul buah hati. Jangan sekalipun menyakiti mereka secara fisik, karena itu tidak akan membuat mereka belajar. Hal tersebut hanya akan membuat mereka takut pada Anda. Setelah itu, Anda bisa memberi pelukan pada mereka. Hal ini akan sangat membantu mereka dalam menenangkan diri dan membuatnya tetap merasa aman untuk meluapkan emosi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Sepelekan Gejala Kanker Payudara Pria Ini

Berbicara dengan tenang pada anak juga diharuskan. Tantrum adalah masalah yang cukup besar. Tak perlu panik dalam menghadapi anak-anak seperti itu. Sebagian besar anak hanya mencari perhatian agar apa yang mereka inginkan segera dituruti. Menjadi orang tua yang tenang dan bijaksana memang tidak mudah, tetapi itu harus Anda lakukan.

Setelah mereka lebih tenang dari amukan hebatnya, segera bawa pergi dari tempat mereka mengamuk. Bawa keluar atau pergi jalan-jalan sampai mereka tenang. Mengubah lingkungan juga bisa mengubah tingkah laku mereka. Anda bisa juga melakukan hal lain untuk membuat emosi mereka lebih stabil. Salah satunya dengan memberikan perlindungan terhadap kesehatan emosional mereka dengan klik di sini



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE