Berapakah Batas Aman Minum Kopi Dalam Sehari? | Breaktime
Berapakah Batas Aman Minum Kopi Dalam Sehari?
30.04.2015

Menjadikan kopi sebagai salah satu cara untuk mendongkrak semangat, why not? Mengandalkan kopi sebagai teman setia saat pekerjaan begitu menumpuk atau menyeruput kopi di pagi hari sebelum berangkat kantor memang kerap membantu mengembalikan semangat.

Namun bila ritual minum kopi tak hanya terjadi di waktu-waktu tertentu, but happening to most of your time, watch out! Ada batasan minum kopi yang wajib B’timers perhatikan agar tak sampai mengarah pada kemunculan sejumlah penyakit-penyakit mengerikan seperti Alzheimer, kanker hati, dan prostat.

Di tahun 2010, sekelompok peneliti dari Univerisity of Illinois Urbana-Champaign, Amerika Serikat, Heckman, Weil, dan Gonzalez de Mejia melakukan sebuah riset tentang kandungan aman kafein dalam tubuh manusia. Dari hasil penelitian yang diterbitkan di Juornal of Food Science tersebut ditemukan bahwa manusia dewasa dalam keadaan sehat memiliki batasan minum kopi sebanyak 300 hingga 400 mg per hari atau setara dengan 3 hingga 4 cangkir kopi.

Nikmatnya menyeduh kopi di pagi hari
Nikmatnya menyeduh kopi di pagi hari

Perlunya batasan dalam konsumsi kopi juga diungkapkan oleh Lily A. Arya, seorang spesialis Ginekologi di Radnor, Pennsylvannia. Ia menjelaskan bahwa asupan kafein yang berlebih dapat merusak otot-otot dasar kandung kemih secara permanen.

Maka tak heran bila pecandu kopi yang tidak menerapkan batasan untuk menyeruput minuman merakyat ini acap kali mengalami inkontinensia, gangguan kandung kemih akibat sejumlah otot dasar kandung kemih dan dinding saluran kecing tidak bisa mengatur pengeluaran kemih. Ini artinya, minum kopi berlebih dapat menjadikan B’timers mengompol setiap saat. Nah, lho!

Mulai sekarang, cobalah untuk mencegah “overdosis kafein” dengan cara membagi waktu minum. Sebagai contoh, bila di pagi dan siang hari B’timers biasa menyeruput dua hingga empat cangkir kopi espresso, kurangi masing-masing dosisnya hingga setengah and you can enjoy the rest in the afternoon.

Share This Article