Benarkah Warna Biru Hitam Bisa Terlihat Menjadi Putih Emas? | BREAKTIME
Benarkah Warna Biru Hitam Bisa Terlihat Menjadi Putih Emas?
02.03.2015

Terdengar mustahil, but that’s true, B’timers! Dunia maya akhir-akhir ini digemparkan dengan kombinasi warna unik pada sebuah gaun. Gaun tersebut awalnya muncul setelah salah seorang pengguna akun Tumblr, Swiked, meng-upload busana wanita tersebut pada hari Rabu (25/2/2015).

Kehebohan mulai muncul ketika para netizen memperdebatkan tentang kombinasi warna gaun tersebut. Apakah putih dengan emas ataukah biru dengan hitam? Lalu, bagaimana menurut B’timers sendiri? Mengapa bisa muncul adanya persepsi warna berbeda pada satu benda yang sama?

Well, seperti yang dilansir dari situs Wired, dasar munculnya perbedaan tersebut dikarenakan mekanisme penglihatan manusia dan pengaruh cahaya matahari pada siang hari terhadap penentuan warna. Cahaya yang menempa sebuah benda akan memantul dan kemudian menuju mata manusia. 

Next,  retina manusia akan menangkap cahaya yang datang dengan panjang gelombang tertentu. Nah, selanjutnya rangsangan akan diterima saraf mata untuk selanjutnya diproses pada korteks penglihatan di otak. Selanjutnya, otak akan menerjemahkan warna berdasarkan panjang gelombang cahaya yang ditangkap retina. Misalnya, warna yang memiliki panjang gelombang 440-495 nanometer akan diterjemahkan oleh otak manusia sebagai warna biru.

Memang, secara umum warna yang ditangkap dan diterjemahkan manusia adalah warna sejati dari sebuah benda. Namun uniknya, Jay Neitz, ahli saraf dari University of Washington mengatakan bahwa yang terjadi tidak selalu begitu. Ini dikarenakan cahaya matahari atau sinar lampu dapat mempengaruhi penglihatan manusia untuk melihat warna asli benda.

Selain itu, Bevil Conway, seorang ahli neurologi dari Wesley College, juga menambahkan bahwa cahaya kemerahan fajar, birunya langit pada siang hari, serta jingga pada senja mempengaruhi warna yang ditangkap manusia. Soal warna gaun yang heboh menjadi perdebatan di dunia maya tersebut, Conway menuturkan:

“Yang terjadi adalah orang berusaha mendiskon bias kromatis cahaya siang hari. Orang mungkin akan mendiskon warna biru sehingga mereka akan melihat (gaun) berwarna putih dan emas, atau mendiskon warna emas sehingga mereka akan melihat biru hitam.”

So, what’s the actually color of that dress? Analisis tim Wired menegaskan bahwa warna gaun itu adalah biru. Those who see it as white have to admit that they are wrong. Case closed.

Share This Article