Benarkah Tertawa Bisa Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh? | BREAKTIME
Benarkah Tertawa Bisa Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh?
01.03.2015

“Laughing is, and will always be, the best form of therapy.”

~Dau Voire~

Tertawa itu menular. When laughter is shared, it binds people together and increases happiness and intimacy. Rasa bahagia yang membuncah inilah yang sering dipercaya mampu meningkat kekebalan tubuh sehingga B’timers akan jadi lebih fit dan bersemangat. Well, benarkah demikian? Tentu saja jawabannya benar!

Tertawa memang tampak sangat sederhana dan begitu mudah untuk dilakukan. Namun, tak banyak orang yang tahu manfaat besar yang tersembunyi dibalik aktivitas yang biasanya kita lakukan secara spontan ini. Hal ini telah dibuktikan oleh Paul E. McGhee, Ph.D yang menghabiskan waktu selama 22 tahun conducting basic research on humor laughter!

Ternyata, sense of humor Anda memberikan pengaruh efektif pada stress melalui dua cara. Pertama, manfaat langsung humor dan tertawa pada sistem kekebalan tubuh.  Kedua, manfaat tak langsung kemampuan humor untuk bantu Anda mengatasi masa-masa sulit. Nah, Breaktime akan lebih fokus untuk mengupas peran tertawa pada poin pertama.

Sejumlah penelitian dilakukan untuk fokus mengamati perkembangan immunoglobulin A (IgA) yang ada pada mucosal area dan berfungsi untuk mencegah saluran pernapasan dari infeksi. Hasilnya, tujuh studi menunjukkan terdapat peningkatan signifikan pada konsentrasi IgA ketika seseorang menonton acara komedi that designed to produce a lot of laughter.

Hal yang sama juga diungkapkan dalam temuan yang dilakukan oleh Lee Berk dan rekan-rekannya di the School of Medicine at Loma Linda University. Selain merangsang konsentrasi IgA, ternyata tertawa juga mampu meningkatkan konsentrasi IgM yang berperan untuk menunjang imunitas tubuh dalam jangka waktu lama, lho. Well, if you really can be healthy simply by laughing, don’t spend your day in a bad mood!

Bahkan, penelitian lainnya juga mengungkap bahwa tertawa mampu menstimulus terbentuknya NK  cell dan Gamma Interferon which are important cures for cancer patient! Wow! So, lighten up! Seperti jargon yang sering dilontarkan warkop DKI, “Tertawalah, sebelum tertawa itu dilarang!”

Share This Article