Efek Buruk saat Terlalu Sering Pengang Smartphone|BREAKTIME
Benarkah sering otak-atik smartphone picu numb fingers?
27.02.2015

Tak dapat dipungkiri, jika manusia modern saat ini tidak bisa terpisahkan dari smartphone. Ya, smartphone dengan beragam operation system menyediakan aplikasi komunikasi menarik melalui sosial media, seperti Facebook, Twitter, Intagram, dan Path. Hal inilah yang menjadi tantangan dan permasalahan utama manusia yang hidup di era teknologi canggih.

Kecepatan informasi dan komunikasi makin membuat para pecandu seakan tak bisa lepas dari handphone-nya. Bahkan, mereka terlihat sangat kebingungan saat benda kesayangannya itu hilang atau tertinggal di rumah.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk memperlancar komunikasi, tetapi smartphone juga berdampak negatif untuk kesehatan dan psikologi. Lantas, benarkah jika terlalu sering menekan layar smartphone dapat menyebabkan numb fingers?

Tampak mustahil memang, namun hal ini telah terbukti melalu penelitian ilmiah. Kasus kram jari dan otot-otot tangan yang sakit akibat terus menerus menekan layar smartphone sudah banyak dilaporkan di berbagai belahan dunia. Apabila kebiasaan ini berlangsung dalam jangka waktu lama, bisa meningkatkan risiko peradangan tendon dan Carpal Tunnel Syndrome.

Cell phone elbow alias gejala kesemutan dan mati rasa pada bagian persendian jari tangan usai ditekuk juga mengancam para pengguna telepon pintar. Gangguan kesehatan lain yang disebut iPosture juga mengintai para pecandu smartphone yang lebih sering membungkukkan badan untuk melihat tulisan-tulisan kecil pada layar. Keluhan sakit pada bagian leher dan kepala serta mata yang selalu menyipit akan memicu gejala migrain.

Secara psikologi, smartphone membuat penggunanya cemas apabila benda canggih ini tidak berada dalam genggaman atau saku. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi konsentrasi saat menjalani suatu aktivitas. Tak hanya itu, kualitas tidur pun bisa terganggu karena setiap saat terbangun untuk mengecek gadget.

Menjalin komunikasi dengan orang-orang tersayang di lokasi berjauhan memang menjadi fungsi penting smartphone. Melalui fitur-fitur canggihnya, Anda bisa menggunakannya untuk menyambung komunikasi. Namun, gunakan seperlunya saja agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Stay healthy, B’timers!

Share This Article