Benarkah Pintar Kendalikan Emosi = Berumur Panjang? | Breaktime
Benarkah Pintar Kendalikan Emosi = Berumur Panjang?
07.05.2015

Harus diakui bahwa mengendalikan emosi karena stress adalah hal yang gampang-gampang susah. Terkadang B’timers bisa mengontrolnya dengan mudah, tapi tak jarang juga emosi tiba-tiba meledak begitu saja tanpa terkendali.

Padahal, keseringan melepaskan emosi negatif seperti marah-marah berpengaruh pada umur B’timers, lho. Berdasarkan sebuah studi di tahun 2012 yang dilakukan oleh Kirsi Ahola dkk dari Finlandia, stress pada dasarnya dapat menurunkan telomeres (bagian pangkal benang DNA) yang sangat berperan penting dalam menentukan usia.

Tak hanya itu, pengendalian emosi berupa rasa marah yang buruk juga dapat mengantarkan seseorang untuk lebih rawan terkena penyakit lainnya seperti hipertensi, penyakit jantung, gangguan pencernaan, serta infeksi tubuh akibat sistem imunitas yang menurun.

Oleh karena itu, Profesor psikologi di University of North Carolina, Barbara Fredrickson, menuturkan bahwa sangat penting bagi seseorang untuk mengendalikan emosi negatif yang ada di dalam diri dan memfokuskan perhatian pada penguasaan emosi positif.

Dr. Friedrickson telah menghabiskan waktunya bertahun-tahun guna mengamati manfat emosi positif pada kesehatan, termasuk kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit jantung yang lebih cepat dan menangani kasus insomnia lebih baik.

Bersyukur, banyak tersenyum, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang adalah salah satu cara mudah kendalikan emosi
Bersyukur, banyak tersenyum, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang adalah salah satu cara mudah kendalikan emosi

Fredrickson melanjutkan bahwa untuk merasakan emosi yang lebih harmonis, setidaknya ada tiga emosi positif yang harus dikuasai yakni mudah memafkan, bersyukur atas segala sesuatu, dan stabil menghadapi keadaan sulit.

Dr. Andrew Weil menjelaskan bahwa kemampuan untuk tetap stabil ketika dihadapkan pada momen sulit seperti apapun akan membuat metabolisme tubuh tetap terjaga. Pengeluaran hormon stress seperti kortisol akan berkurang sehingga Anda pun tak terlalu merasa tegang yang sering dilampiaskan dengan marah-marah.

Nah, tertarik memiliki umur panjang hanya dengan mengendalikan emosi? Mulai sekarang, kapanpun suasana hati  sedang tak baik atau lingkungan di sekitar berubah jadi menjengkelkan, jangan mudah terpancing emosi. Kendalikan diri B’timers dengan mengalihkan perhatian atau memikirkan masalah dari sudut pandang berbeda agar stress tak cepat datang mendekat.

Share This Article