Benarkah Miriam Makeba merupakan penyanyi pertama yang mempopulerkan African music di seluruh dunia? | BREAKTIME
Benarkah Miriam Makeba merupakan penyanyi pertama yang mempopulerkan African music di seluruh dunia?
05.03.2015

“Girls are the future mothers of our society, and it is important that we focus on their well-being.”
-Miriam Makeba-

Jika Indonesia memiliki Ibu Kartini yang memperjuangkan hak-hak wanita, di Afrika juga ada “Mama Afrika” yang memiliki nama asli Zenzile Miriam Makeba. Banyak yang mengatakan jika sang Mama Afrika ini juga merupakan penyanyi pertama yang mempopulerkan African music di seluruh dunia, namun benarkah hal tersebut? 

Sebelum membahas tentang siapa yang mempopulerkan African music ke seluruh dunia, ada baiknya B’timers kenal lebih dekat dulu dengan Makeba. Ya, Zenzile Miriam Makeba atau yang lebih dikenal dengan Miriam Makeba, lahir pada tanggal 4 Maret 1932 dan meninggal pada 9 November 2008. Ia merupakan seorang penyanyi dan aktivis penentang apartheid yang masuk ke Afrika pada tahun 1948.  

Karena perjuangannya melawan apartheid tersebut ia sempat diasingkan selama 30 tahun, bahkan kewarganegaraanya dicabut pada tahun 1960 dan pemerintah masa itu tak mengizinkan Miriam Makeba kembali ke Afrika untuk mengikuti prosesi pemakaman ibundanya. 

Selain itu, musik yang digarapnya juga dilarang beredar karena mengusung tema anti-apartheid. Meskipun demikian, keberuntungan masih berpihak kepada Miriam Makeba. Karena kualitas musiknya yang luar biasa, ia berhasil memenangkan penghargaan Grammy untuk Best Folk Recording pada tahun 1965 bersama penyanyi AS Harry Belafonte dalam albumnya "An Evening With Belafonte/Makeba". 

Nah, setelah menilik kisah hidup luar biasa dari wanita satu ini, kembali pada pertanyaan apakah Miriam Makeba merupakan penyanyi pertama yang mempopulerkan African music di seluruh dunia? Jawabanya adalah benar. Ia adalah orang pertama yang mempopulerkan African Music di seluruh dunia pada tahun 1960-an. Sang Mama Afrika ini terkenal dengan hitsnya "Pata Pata" dan "The Click Song". 

Share This Article