Benarkah minum es dapat memperparah amandel? | Breaktime
Benarkah minum es dapat memperparah amandel?
22.04.2015

Banyak orang tua yang melarang anaknya mengonsumsi es dengan alasan bisa memperparah penyakit amandel. Sebenarnya benar atau tidak sih, pernyataan yang mengatakan bahwa amandel bisa semakin membengkak setelah mengonsumsi es?

Radang pada amandel atau yang dalam ilmu kedokteran disebut dengan tonsillitis, merupakan infeksi yang terjadi pada tonsil, kelenjar getah bening di bagian belakang tenggorokan.  Peradangan ini ditandai dengan batuk, sakit kepala, nyeri saat menelan, mual, sakit di sekitar leher, pilek, dan juga demam. Penyakit amandel ini banyak disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Banyak orang yang menuduh makanan dingin menjadi salah satu penyebab semakin parahnya peradangan pada amandel. Padahal, yang terjadi justru sebaliknya. Makanan atau minuman dingin justru bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan pada amandel.

Menurut Dr.Herbowo Soetomenggolo, Sp. A., seorang dokter spesialis anak di Rumah Sakit Hermina Jatinegara, minuman dingin tidak akan memperparah amandel. Kalau Anda tidak memiliki alergi terhadap dingin, tidak akan masalah mengonsumsi berbagai olahan makanan yang dicampur dengan es saat amandel dalam keadaan meradang.

Mengonsumsi minuman dingin tidak akan memperparah penyakit amandel.
Mengonsumsi minuman dingin tidak akan memperparah penyakit amandel.

Secara khusus, tak ada pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari radang amandel. Namun B’timers bisa menjauhi kemungkinan terkena bakteri atau virus penyebab penyakit amandel dengan rajin mencuci tangan dan menghindari berdekatan dengan penderita tonsillitis. 

Karena penyakit amandel ini menyerang sistem kekebalan tubuh, Anda juga harus mengonsumsi berbagai olahan makanan yang mengandung vitamin C, seperti stroberi, jambu merah, dan juga kiwi. Keep healthy, B’timers!  

Share This Article