Benarkah Mengorek Telinga Bisa Sebabkan Tuli Permanen? | Breaktime
Benarkah Mengorek Telinga Bisa Sebabkan Tuli Permanen?
08.05.2015

Pernahkan B’timers merasakan gatal dalam lubang telinga yang akhirnya mendorong diri untuk segera mencari cotton bud? Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan tim dari Henry Ford Hospital di Detroit, Michigan, penggunaan cotton bud ternyata dapat mengakibatkan kerusakan telinga bagian dalam. Selain itu, penggunaan korek telinga yang terlalu dalam juga dapat memecahkan gendang telinga yang bisa mengakibatkan gangguan pendengaran permanen.

Oleh karena itu, B’timers tidak boleh asal dalam mengorek telinga. Lagipula, dokter spesialis kulit asal Chicago, Amerika Serikat, Rachel Pritzker menuturkan bahwa serumen berupa kotoran telinga berwarna kuning hingga kecokelatan sebenarnya merupakan pelumas alami yang melindungi bagian dalam telinga dari elemen asing.

Keberadaan pelumas ini pada dasarnya tidak mengganggu. Namun, bila Anda tertarik untuk mengeluarkan serumin dengan cara memasukkan korek telinga secara asal, selain berpotensi merusak gendang telinga, ada kemungkinan pula serumen malah terdorong masuk ke dalam dan mengakibatkan penyumabatan yang menganggu pendengaran.

Gunakan air hangat atau baby oil untuk membersihkan telinga
Gunakan air hangat atau baby oil untuk membersihkan telinga

Menurut Brett Levine, MD, spesialis THT di Torance, Kalifornia, cara untuk membersihkan telinga bisa dilakukan dengan membiarkan air masuk ke telinga pada saat B’timers mandi. Setelah itu, miringkan kepala untuk membuang air di dalamnya.

Namun, pastikan air yang digunakan adalah air hangat lantaran penggunaan air dingin atau air terlalu panas justru dapat memicu vertigo. Namun bila kotoran telinga sudah terlanjur mengering, teteskan baby oil dan tunggulah satu hingga dua detik agar kotoran larut dalam minyak, lalu miringkan kepala agar kotoran keluar dengan sendirinya.

Nah, bila cara membersihkan telinga tersebut tak kunjung berhasil, mungkin ini adalah waktu yang tepat bagi B’timers untuk segera mengunjungi dokter spesialis THT. Dokter THT akan menyedot atau mengorek telinga  dengan cara yang aman untuk melindungi dari masalah kerusakan indera pendengaran.

Share This Article