Makan Jeruk dan Seafood Bersamaan Bikin Keracunan?|BREAKTIME
Benarkah Makan Jeruk dan Seafood Bersamaan Bikin Keracunan?
18.02.2015

Beberapa tahun belakangan ini beredar rumor yang mengatakan bahwa konsumsi seafood seperti udang dan makanan mengandung vitamin C seperti jeruk dapat mengakibatkan B’timers mengalami keracunan dan berdampak pada kematian.


Well, that’s not true! Kabar ini mula-mula muncul karena adanya berita mengenai seorang wanita tiba-tiba ditemukan meninggal dengan pendarahan yang keluar melalui mata, telinga, hidung, dan mulut.


Setelah dilakukan penelitian, terungkap bahwa korban mengalami keracunan arsenik dan menurut seorang profesor yang ikut dalam penyeledikan, racun arsenik tersebut muncul sebagai reaksi kimia atas kandungan seafood dan vitamin C yang dikonsumsi dalam waktu bersamaan.


Now, all of the classic elements of the hoax email are wrapped up with some highlights. Pertama, tidak disebutkan dengan rinci siapa nama korban, waktu, dan tempat kejadian tersebut berlangsung. Kedua, arsenik tidak terbentuk seperti reaksi kimia seperti yang dijelaskan.


Westerners like putting in lemon juice when cooking prawns and Chinese people also like such dishes as stir-fried prawns with Longjing Tea and prawns in tomato sauce. Jika memang konsumsi jeruk atau buah dengan kandungan vitamin C berbarengan dengan seafood bersiko pada kematian, mengapa selama ini tak ada satupun orang yang mengalami keracunan setelah mengonsumsinya?


Selain itu, menurut China’s national standards, kandungan inorganic arsenic per kilogram pada udang juga tak melebihi dari 0,5 miligram dan kadar ini masih dapat ditolerir oleh tubuh. Bahkan, andaikata inorganic arsenic tiba-tiba berubah menjadi arsenik trioksida yang mematikan, setidaknya you have to consume approximately 105 kilograms of prawns to reach the oral dose of arsenic trioxide causing death!


Jadi, konsumsi udang windu atau jenis seafood lainnya bersamaan dengan memakan buah jeruk tidaklah menimbulkan efek keracunan. Don’t misunderstand it, B’timers!

 

Share This Article