Benarkah Lemak Satu-satunya Penyebab Kegemukan? | BREAKTIME
Benarkah Lemak Satu-satunya Penyebab Kegemukan?
12.03.2015

Berat badan tiba-tiba naik padahal B’timers sudah mengurangi makanan berlemak? Hal ini bukannya tidak mungkin terjadi, sebab lemak bukanlah satu-satunya penyebab kegemukan. Ada hal-hal lain yang juga bisa menjadi penyebab kegemukan, seperti yang sudah Breaktime rangkum berikut ini:

Insomnia 

Insomnia menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh yang akan meningkatkan rasa lapar. Terlebih lagi, saat susah tidur tentunya Anda akan lebih mudah mengonsumsi berbagai snack yang memiliki kalori tinggi misalnya saja potato chips dan cokelat. Di dalam kedua kudapan ini hampir tidak terdapat serat membuat perut terasa kenyang. Jadi tak heran, berapa banyak pun Anda menyantap camilan ini, perut akan tetap merasa lapar.

Stres

Saat mengalami stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang menyebabkan nafsu makan meningkat. Tidak heran jika banyak orang beralih ke makanan sebagai pelarian dari rasa stress. Menjadikan makanan sebagai ‘terapi’ untuk menenangkan diri merupakan kebiasaan yang buruk dan bisa membahayakan kesehatan, stop it then!

Pola makan tidak seimbang

Memang benar B’timers sudah berhenti mengonsumsi aneka makanan tinggi lemak dan kalori. Namun kalau tidak memperbanyak asupan buah dan sayur, apa gunanya? Seperti yang Anda ketahui, buah dan sayuran merupakan sumber serat dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, tanpa asupan serat yang cukup, metabolisme tubuh akan terganggu dan hal ini justru bisa menyebabkan peningkatan berat badan.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat juga akan mengakibatkan penambahan berat badan yang drastis, contohnya saja antidepressants dan steroid. Antidepressants akan membuat orang yang meminumnya malas untuk keluar dan hanya berdiam diri di rumah saja. Dengan berkurangnya gerak badan dan aktivitas, maka lemak di dalam tubuh akan menumpuk.

Sedangkan steroid mengandung zat bernama prednisolone yang bisa meningkatkan nafsu makan. Kalau Anda terpakasa mengonsumsi kedua jenis obat ini karena masalah kesehatan, pastikan meminta rekomendasi dari dokter untuk mengatur pola makan dan gaya hidup yang tepat. 

Mulai sekarang, hindari berbagai penyebab kegemukan tersebut dan mulailah pola hidup sehat dengan minum air minimal 2 liter per hari serta melakukan olahraga sedikitnya 3 kali dalam seminggu. 

Share This Article