Benarkah Kacamata Pinhole Bisa Sembuhkan Miopi dan Hipermetropi? | Breaktime
Benarkah Kacamata Pinhole Bisa Sembuhkan Miopi dan Hipermetropi?
30.04.2015

B’timers yang menderita miopi (rabun jauh) atau hipermetropi (rabun dekat) pasti ingin melakukan berbagai cara untuk membuat penglihatan normal kembali. Mulai dari mengonsumsi buah wortel yang kaya akan vitamin A, melakukan operasi, sampai memakai kacamata pinhole yang disebut-sebut bisa menyembuhkan miopi dan hipermetropi.

Tak seperti kacamata biasa, kacamata pinhole memiliki lensa yang terbuat dari plastik berwarna hitam dengan lubang-lubang berdiameter 1 mm di permukaannya. Dengan melihat objek dari lubang kecil kacamata pinhole, diharapkan retina menjadi lebih fokus sehingga bisa kembali normal. 

Inilah kacamata pinhole yang disebut bisa sembuhkan mata minus dan plus
Inilah kacamata pinhole yang disebut bisa sembuhkan mata minus dan plus

Menurut Dr. Ikke Sumantri Wiyogo SpM(K) yang merupakan Kepala Departemen Mata FKUI, kacamata pinhole memang bisa membuat lensa mata lebih rileks karena mengurangi paparan langsung cahaya ke retina. Namun sayangnya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kacamata pinhole bisa menyembuhkan miopi ataupun hipermetropi.

Dr. Ida Gede Wirastana, SpM yang melakukan praktik di Jakarta Timur Eye Center menjelaskan bahwa untuk menurunkan atau mengobati mata minus tidak bisa menggunakan kacamata pinhole. Belum ada literatur atau penelitian yang mendukung pendapat bahwa kacamata pinhole bisa mengobati permasalahan mata. 

Kalau B’timers ingin mengobati masalah mata, sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter ahli. Jangan lupa juga perhatikan kesehatan mata dengan menghindari membaca di tempat gelap dan perbanyak konsumsi makanan bernutrisi!

Share This Article