Gosip atau Fakta? Junk Food dapat Memicu Jerawat|BREAKTIME
Benarkah hobi makan junk food dapat memicu timbulnya jerawat?
01.02.2015

Di era modern ini, banyak orang yang lebih menyukai junk food dibandingkan dengan makan sayur karena rasanya lebih enak dan bervariasi. Bahkan, kebiasaan ini banyak digemari anak-anak. Mereka kurang berselera makan apabila tidak ada junk food yang tersaji di atas meja makan.

Perlu B’timers ketahui, makanan siap saji yang sudah termasuk bagian dari lifestyle ini memiliki banyak efek buruk untuk kesehatan. Junk food mengandung banyak karborbohidrat, gula, lemak, dan natrium. Dengan begitu, suplai kalori terpenuhi dengan baik, tetapi kebutuhan gizi tidak terpenuhi sama sekali. Nah, risiko pertama yang akan terjadi jika terlalu sering makan makananan cepat saji ini adalah obesitas.

Tingginya jumlah kolesterol dan hipertensi menjadi risiko lain yang juga umum terjadi. Kandungan karbohidrat dan gula akan memicu peningkatan hormon insulin. Diabetes tipe 2 menjadi salah satu penyakit yang mengintai orang yang memiliki kelebihan gula dalam tubuh.

Lalu benarkah junk food juga bisa memicu jerawat? That’s right! Tingginya kandungan gula, lemak, serta garam ternyata mengaktifkan kelenjar minyak pada wajah yang bisa membuat pori-pori tersumbat dan memicu jerawat.

Tak hanya itu saja, banyak mengonsumsi makanan tinggi gula akan mengaktifkan bakteri dalam mulut untuk menghasilkan asam lebih banyak. Tingginya asam tersebut akan merusak email gigi sehingga akan mudah keropos dan berlubang.

How to stop eating junk food?

Benarkah hobi makan junk food dapat memicu timbulnya jerawat?

Menghentikan kebiasaan makan junk food dan beralih ke pola makan sehat dapat membuat tubuh Anda lebih baik. Memang, makanan cepat saji ini sangat memanjakan lidah dengan aneka rasanya. Namun, niatan baik ini harus segera diwujudkan meskipun sangat sulit untuk mengawalinya. Kali ini, Breaktime memiliki cara mudah untuk ‘bercerai’ dengan junk food seperti berikut ini:

  • Membuat healthy food journal
  • Shopping bahan masakan sehat seperti sayur dan buah
  • Olahraga rutin
  • Makan di vegetarian restaurant

B’timers juga bisa menyiapkan menu makanan sendiri yang tak kalah nikmatnya dengan junk food, seperti tuna with mushroom sauce, egg and lettuce sandwich, atau Mexican chicken tortillas. Keep smart and eat healthy, people!

Share This Article