Suka Green Tea? Benarkah Minuman ini Berbahaya? | BREAKTIME
Benarkah green tea punya efek berbahaya untuk tubuh?
01.02.2015

Green tea dikenal sebagai salah satu minuman paling sehat sehingga banyak dicintai di berbagai belahan dunia. Berbagai penelitian juga sudah membuktikan manfaat teh hijau ini bagi kebugaran tubuh. Tapi, Breaktime punya kabar yang mengejutkan!

Teh hijau ternyata memiliki efek berbahaya untuk tubuh. Eits, jangan khawatir dulu B’timers! Dampak merugikan ini hanya akan muncul bila Anda mengonsumsi green tea dengan cara berikut ini:

Minum green tea usai mengonsumsi banyak kafein

Ingatlah bahwa teh hijau juga mengandung kafein meski jumlahnya tak sebanyak yang ada pada kopi. Maka dari itu, usai minum beberapa cangkir kopi, hindari menyeruput segelas green tea untuk menghindari penumpukan kafein dalam tubuh.

Kalau tidak, B’timers akan merasakan gejala-gejala kurang menyenangkan seperti merasa gelisah, sensitif, susah tidur, jantung berdebar-debar, mual, sering buang air kecil, dan kehilangan nafsu makan.

Bahaya untuk ibu hamil dan menyusui

Kandungan kafein, catechin, dan asam tannic erat kaitannya dengan risiko gangguan kesehatan pada wanita hamil dan ibu menyusui. Terlalu banyak asupan zat tersebut akan meningkatkan risiko bayi lahir cacat dan kelainan tabung saraf.

Rentan untuk penderita anemia

Teh hijau bisa menghambat penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Maka dari itu, penderita anemia dan wanita haid yang notabene sedang kekurangan sel darah merah, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi green tea dalam jumlah besar agar tidak merasa lemas.

Intinya, makanan atau minuman yang sehat sekalipun tetap bisa membahayakan kalau tidak diperhatikan dosis dan cara mengonsumsinya. Maka dari itu, mengenali apa yang akan B’timers santap adalah cara terbaik untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan akibat dampak negatif dari makanan dan minuman. 

Share This Article