Apple or Lemon, Mana Buah yang Tepat Dijadikan Infused Water? | BREAKTIME
Apple or Lemon, Mana Buah yang Tepat Dijadikan Infused Water?
18.04.2015

Lemon Water Diet Ala Dr.OZ

Buah apa yang jadi favorit B’timers untuk dijadikan infused water? Selama ini, memang beredar informasi bahwa buah apapun yang memiliki tekstur keras cocok dijadikan bahan infused water. Namun ternyata hal ini tak sepenuhnya benar, lho! (Baca juga: Tempe Makanan Tinggi Nutrisi)

Sebab, apel yang memiliki tekstur keras terbukti tidak bagus digunakan sebagai infused water karena buah satu ini sangat mudah teroksidasi dan berubah warna. Lynne McLandsborough, seorang profesor dari Food Science di University of Massachusetts Amherst, juga menjelaskan bahwa setelah apel dipotong, oksigen di sekitarnya akan masuk ke dalam daging buah. Ketika ogsigen sudah masuk, maka sel enzim polifenol oksidase (PPO) di dalam kloroplas akan cepat mengoksidasi senyawa fenolik alami dalam jaringan buah apel dan menyebabkan warnanya berubah menjadi cokelat. 

Apple or Lemon, Mana Buah yang Tepat Dijadikan Infused Water? | BREAKTIME
Apel mudah teroksidasi sehingga tidak cocok dijadikan bahan infused water

Sebaliknya, buah lemon yang teksturnya lebih empuk dari apel justru sangat baik dijadikan campuran infused water. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of Massachusetts Amherst, lemon memiliki kandungan antioksidan yang tidak akan terpengaruh oleh oksigen ketika dibelah dan dibiarkan dalam jangka waktu tertentu. 

Tapi tenang ya, B’timers! Bukan berarti apel yang dijadikan infused water akan mengeluarkan racun yang berbahaya untuk tubuh. Hanya saja, kandungan vitaminnya akan berkurang sehingga manfaat yang Anda rasakan pun tidak maksimal.

Selain apel, buah-buahan lain seperti pepaya, pisang, dan durian juga tidak cocok dijadikan infused water karena akan mudah hancur saat direndam dalam air. Lebih jeli lagi dalam memilih buah untuk infused water, ya!

Share This Article