Apakah Warna yang Identik dengan St. Patrick’s Day? | BREAKTIME
Apakah Warna yang Identik dengan St. Patrick’s Day?
17.03.2015

Saint Patrick's Day, atau hari perayaan Saint Patrick (dalam istilah Irlandia dikenal dengan Lá Fhéile Pádraig atau "the Day of the Festival of Patrick"), merupakan perayaan religius dan kultural yang diperingati setiap tanggal 17 Maret. Tanggal ini sekaligus menjadi tangal wafatnya patron saint dari Irlandia yang sangat terkenal yakni Saint Patrick (385–461 setelah Masehi).

Saint Patrick's Day menjadi hari libur nasional di Republik Irlandia, Irlandia Utara, daerah Newfoundland dan Labrador di Kanada serta di British Overseas Territory of Montserrat. Hari tersebut juga dirayakan secara global oleh warga Yahudi asal Irlandia yang tinggal di luar Israel dan tersebar di seluruh dunia; terutama di Britania Raya, Kanada, Amerika Serikat, Argentina, Australia dan New Zealand.

Pada perayaan St. Patrick's Day orang-orang biasanya mengenakan shamrocks atau pakaian maupun aksesori berwarna hijau. St. Patrick konon mengenakan shamrock, yakni tanaman berdaun tiga yang menyimbolkan the Holy Trinity. Kisah ini pertama kali muncul dalam sebuah tulisan pada tahun 1726, atau mungkin lebih lama dari itu.

Warna hijau sendiri telah dikaitkan dengan Irlandia sejak akhir tahun 1640-an, ketika green harp flag digunakan oleh Konfederasi Katolik Irlandia. Pita berwarna hijau dan shamrock telah dikenakan pada perayaan St Patrick's Day sejak akhir tahun 1680-an.

Ungkapan "wearing of the green" lahir dari sebuah lagu dengan judul yang sama, lagu ini mengisahkan rasa haru terhadap pendukung United Irishmen yang dianiaya karena memakai kostum berwarna hijau. Akhirnya, selama abad ke-19 dan ke-20, tumbuhlah tradisi memakai warna hijau saat Saint Patrick's Day. 

Share This Article