Waspadai Perubahan pada Payudara Seperti Ini | Breaktime
Waspadai Perubahan pada Payudara Seperti Ini
06.11.2017

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang tak terpisahkan bagi wanita. Sama halnya dengan organ tubuh yang lain, setiap wanita memiliki bentuk payudara yang berbeda satu sama lain. Uniknya, seorang perempuan bahkan bisa mengalami perubahan bentuk payudara seumur hidupnya. Meski kondisi tersebut terbilang normal akibat perubahan hormon pada tubuh wanita, tahukah B’timers bahwa terdapat beberapa perubahan pada bentuk payudara hingga puting yang dapat menunjukkan kondisi kesehatan Anda?

Gangguan kesehatan akibat perubahan bentuk payudara sebagian besar bisa Anda diagnosis sendiri. Meski demikian, penjelasan dari tenaga medis tetaplah diperlukan untuk memastikan bahwa kondisi Anda normal belaka atau membutuhkan penanganan lebih lanjut. Salah satu perubahan yang paling sering terjadi ialah munculnya rasa gatal pada payudara. Secara umum, rasa gatal tersebut bisa jadi merupakan gejala ketidaknyamanan payudara Anda terhadap jenis deterjen tertentu yang Anda gunakan untuk mencuci. Bisa juga jenis kain bra maupun pakaian yang Anda gunakan terasa tidak nyaman saat bergesekan dengan payudara sehingga menimbulkan sensasi gatal. Mencuci bra atau pakaian dengan tidak bersih juga bisa membuat payudara gatal akibat adanya sisa deterjen.

Selain mengganti jenis bra maupun deterjen yang digunakan untuk mencuci, B’timers juga bisa menggunakan pelembab maupun sabun mandi berbahan mild agar mencegah kulit kering pada payudara Anda yang sensitif. Penggunaan pelembab usai mandi juga harus sesuai dengan jenis kulit agar tidak makin menyebabkan iritasi atau biang keringat. Ngerinya, rasa gatal terus-menerus pada payudara dan puting bisa jadi merupakan salah satu indikasi penyakit serius seperti kanker, itu pun ketika diserta gejala lainnya seperti payudara kemerahan, adanya benjolan, hingga keluarnya cairan dari puting.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sakit Pinggang saat Haid, Normalkah?

Beberapa wanita juga memiliki kecenderungan mengalami sensasi gatal tiap kali menjelang masa haid. Pada sindrom pra-menstruasi, rasa gatal merupakan salah satu indikasi perubahan hormon tubuh. B’timers tak perlu khawatir karena rasa gatal tersebut akan selalu muncul hingga bertahun-tahun setiap kali menjelang haid. Rasa gatal pada payudara menjelang menstruasi biasanya juga disertai dengan meningkatnya sensitivitas hingga payudara yang terasa lebih lembut, mudah nyeri, hingga mengalami pembesaran akibat perubahan hormon. Meski demikian, Anda juga harus senantiasa menjaga kebersihan payudara sehingga tidak mudah terasa gatal maupun terkena iritasi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cermat Rencanakan Honeymoon Trip Tak Terlupakan

Berdasarkan statistik, sekitar 15 persen wanita terlahir dengan puting susu yang tenggelam dan tidak menonjol seperti pada umumnya. Meski tidak menimbulkan gangguan kesehatan tertentu, kondisi tersebut sangat menganggu kepercayaan diri beberapa perempuan, terutama karena payudara dan putting merupakan salah satu anggota tubuh perempuan yang sering mendapat perhatian khusus saat bercinta dengan pasangan. Menariknya, para wanita dengan puting yang tenggelam nantinya akan memiliki puting menonjol segera setelah mengandung dan menyusui. Puting yang menonjol dengan sendirinya tersebut merupakan kondisi normal pada tubuh perempuan untuk mengakomodasi kehadiran bayi dan kebutuhan Anda untuk menyusui.

Waspadai Perubahan pada Payudara Seperti Ini | Breaktime
Selain kanker payudara, banyak gejala lainnya perlu diwaspadai pada payudara wanita

Berbeda dengan puting tenggelam yang tak memiliki indikasi kesehatan tertentu, keluarnya cairan pada payudara selain air susu pada masa menyusui sebaiknya perlu diwaspadai. Beberapa jenis cairan seperti cairan bening hingga yang berwarna hijau kebiruan hampir pasti merupakan salah satu gejala awal terjadinya kanker payudara maupun kista jinak. Risiko yang sama juga bisa timbul ketika puting mengeluarkan cairan merah serupa warna darah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serunya Kehidupan Ranjang di Usia 30-an

Selain puting yang mengeluarkan cairan, gejala kanker payudara juga bisa dilihat dari timbulnya tonjolan pada payudara hingga timbbulnya ruam kemerahan. Sebaliknya, apabila puting mendadak berwarna kemerahan sambil diiringi dengan munculnya sensasi gatal, hingga kulit mengelupas dan bersisik, bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu gejala penyakit paget atau sejenis kanker langka yang menyerang payudara. Gejala yang sama juga bisa jadi merupakan indikasi masalah eksim sehingga kebersihan payudara sebaiknya mendapatkan perhatian khusus, selain dengan mencari penanganan medis.

Perubahan bentuk hingga ruam kemerahan pada payudara akibat kanker juga biasanya diiringi dengan pertumbuhan rambut. Beberapa wanita memang memiliki tubuh yang dipenuhi rambut halus bahkan hingga memenuhi area payudara. Sayangnya, B’timers perlu waspada apabila folikel rambut terasa sakit dan gatal-gatal. Hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu gejala terjadinya infeksi maupun kaker pada payudara sehingga perlu mendapatkan pemeriksaan medis lebih lanjut. Pada perempuan penderita kanker payudara stadium lanjut, perubahan warna di sekitar puting dan pangkal payudara merupakan salah satu gejala yang tidak bisa dihindari lagi.

Selain perubahan warna, payudara Anda ternyata juga bisa mengalami perubahan bentuk lho, Ladies! Selain menjadi salah satu gejala kehamilan, perubahan ukuran payudara juga bisa jadi akibat Pre-Menstrual Syndrome, penurunan berat badan, hingga perubahan hormon akibat pemakaian kontrasepsi. Semoga payudara Anda selalu normal dan tidak mengalami perubahan yang berujung fatal ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE