Wajib Tahu! Inilah Tips Senam Ibu Hamil 8 Bulan! | Breaktime
Wajib Tahu! Inilah Tips Senam Ibu Hamil 8 Bulan!
04.04.2017

Bermalas-malasan atau tetap aktif selama menginjak bulan-bulan akhir kehamilan, nih, B’timers? Well, siapapun yang pernah hamil, tentunya sudah mengetahui panjangnya daftar yang boleh atau tak untuk dilakukan, B’timers. Mulai dari merokok, hingga aturan mengonsumsi makanan atau minuman yang tak menyehatkan. Namun menjaga tubuh agar tetap aktif ternyata merupakan kewajiban yang harus Anda lakukan selama masa kehamilan, lho. Tidak peduli sebesar apa perut yang Anda bawa, B’timers.

Hal itu dibuktikan oleh Julia Sharpe, seorang wnaita yang telah menggeluti dunia gymnastic selama dia masih balita. Aktivitas yang digemarinya ini bahkan tidak seharipun ditinggalkan. Juga selama dia hamil hingga masa kandungannya memasuki usia kedelapan bulan, lho, B’timers. Wow, tentunya hal ini dapat membuat kita sedikit merinding, ya, B’timers? Eits, tapi itu belum apa-apa. Coba Anda saksikan video di bawah, di mana Julia melakukan dims dan handstand bersama dengan perutnya yang membulat!

Simak tips senam ibu hamil 8 bulan di bawah ini, yuk!

Baca juga: MANFAAT SEKALIGUS RAGAM SENAM IBU HAMIL 9 BULAN

Selama awal masa kehamilan, wanita yang aktif ini tetap melakukan latihan di gym. Bahkan dia mengaku akan segera melanjutkan latihan begitu bayinya lahir. Wow! Sayangnya ketika usia kandungannya masuk ke bulan yang ke 4, dokter kandungannya melarangnya untuk melakukan latihan yang mengikutsertakan otot perut, B’timers. Nah, itulah yang membuatnya akhirnya melakukan dips dan handstands agar tetap aktif. Dan tak ketinggalan, Julia aktif berenang.

Wajib Tahu! Inilah Tips Senam Ibu Hamil 8 Bulan! | Breaktime
Minta bantuan pasangan saat melakukan gerakan senam

Namun itu bukan berarti Anda harus mengikuti jejak dari Julia Sharpe untuk menjaga kebugaran selama masa kehamilan, lho, B’timers. Hal ini karena setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda. Dan Anda tidak mungkin memaksakan untuk melakukan handstands, padahal sebelumnya Anda bahkan tak pernah melakukannya sama sekali. Disarankan cari jenis olahraga atau senam yang sesuai dengan Anda sendiri daripada berisiko menciderai diri serta bayi Anda yang masih berada di dalam kandungan.

Baca juga: IBU HAMIL, INILAH SENAM HAMIL 7 BULAN UNTUK ANDA

Dan selain senam ibu hamil 8 bulan, Anda dapat mengikuti kelas yoga untuk menjaga tubuh Anda tetap aktif selama masa kehamilan, lho, B’timers. Salah satu manfaat dari melakukan latihan yoga pada masa kehamilan adalah dapat menjaga setiap sendi agar tetap lentur. Selain itu, latihan yoga juga membantu mempertahankan fleksibilitas tubuh ibu hamil, tanpa memberikan risiko cidera pada tubuh yang terlalu besar, B’timers.

Wajib Tahu! Inilah Tips Senam Ibu Hamil 8 Bulan! | Breaktime
Sebaiknya hindari gerakan dengan posisi tidur terlentang, B’timers

Latihan yoga membantu memperkuat sistem otot, merangsang hingga melancarkan sirkulasi darah, dan bisa membantu tubuh calon ibu untuk tetap merasa santai. Menjaga agar tubuh tetap santai menjelang bulan-bulan akhir kehamilan, B’timers.

Baca juga: MOMS TO BE? INTIP GERAKAN SENAM HAMIL WAJIB INI!

Adapun pose dan gerakan senam ibu hamil yang perlu untuk Anda perhatikan adalah, disarankan di awal masa kehamilan, seperti trisemester kedua untuk menghindari pose ataupun gerakan yang mewajibkan Anda untuk berbaring terlentang. Pose seperti ini akan membuat beban di perut Anda menumpuk pada punggung. Maka akan terjadi terlalu banyak tekanan pada pembuluh darah utama. Pada akhirnya akan menurunkan aliran darah yang menuju ke jantung.

Tak hanya itu, disarankan juga untuk menghindari gerakan senam ibu hamil 8 bulan yang terlalu banyak melakukan peregangan, B’timers. Karena gerakan peregangan yang terlalu berlebihan akan berbahaya bagi janin Anda. So, sangat penting untuk mengetahui batas akhir untuk melakukan peregangan selama masa kehamilan besar, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE