Wajah Pasangan Terlihat Mirip, Benarkah Memang Jodoh? | Breaktime
Wajah Pasangan Terlihat Mirip, Benarkah Memang Jodoh?
05.10.2015

Saat melihat wajah sepasang kekasih yang terlihat mirip, tentu B’timers sering mendengar orang menyebutnya berjodoh. Nah, mungkin saja Anda dan pasangan juga sering dibilang mirip dan berjodoh. Padahal, itu sebenarnya hanyalah mitos, lho. Bukan berarti itu merupakan kebohongan, namun wajah pasangan yang mirip belum tentu merupakan jodoh.

Sepasang kekasih yang mirip belum tentu berjodoh

Tak hanya wajah, namun kepribadian pasangan yang terlalu mirip justru lebih cenderung takkan membuat hubungan bertahan lama, demikian menurut sebuah penelitian dari Columbia University. Mengapa demikian? Sebab, saat pasangan menjalin hubungan yang sangat dekat, bahkan terlalu dekat, mereka justru tidak merasa nyaman untuk saling terbuka.

Justru, pasangan yang memiliki kepribadian yang berbeda atau bahkan berlawanan satu sama lain akan lebih awet. Sebab, perbedaan itulah yang menciptakan jarak “aman” bagi keduanya untuk berada dalam sebuah hubungan yang penuh cinta dan keterbukaan untuk saling mengerti satu sama lain.

Jika Anda dan pasangan selalu bersama kapanpun dan di manapun, padahal sebenarnya salah satu di antara Anda berdua lebih menginginkan adanya jarak, maka bisa jadi kelanggengan hubungan Anda malah terancam. Sebab, B’timers dan sang kekasih ingin selalu saling membahagiakan dan justru sulit mengungkapkan apa yang sebenarnya ada di hati dan pikiran.

Terlalu dekat dengan pasangan justru bisa membuat tak nyaman
Terlalu dekat dengan pasangan justru bisa membuat tak nyaman

Pasangan yang sudah menikah berbagi ekspresi yang sama

Nah, lain halnya dengan pasangan yang sudah menikah dan semakin lama terlihat semakin mirip satu sama lain. Menurut Robert Zajonc, seorang psikolog di University of Michigan, itu karena mereka telah bersama dalam waktu yang lama dan berbagi satu sama lain dalam berbagai hal. Bahkan, termasuk ekspresi wajah seperti saat sedang tertawa.

And let’s go back to the point now. Jadi, jika sepasang kekasih terlihat mirip, belum tentu mereka merupakan jodoh. Seperti yang sudah dijelaskan, justru pasangan yang terlalu dekat lama kelamaan akan merasa tak nyaman sebab terlalu menjaga perasaan pasangannya, dan takut untuk benar-benar terbuka.

Karena itulah, yang terbaik adalah mengatur “jarak” yang pas dan aman dengan pasangan, agar B’timers dan si dia bisa sama-sama memiliki kebebasan untuk menjadi diri sendiri. Dan, bisa mengungkapkan apa yang ada di hati dan pikiran masing-masing tanpa merasa takut kehilangan satu sama lain.

Share This Article