Usia 30 Susah Cari Teman? Siapa Bilang? | Breaktime
Usia 30 Susah Cari Teman? Siapa Bilang?
31.07.2017

Sebagian besar orang berusia 30-an tentunya mengalami masalah yang sama: susah menjalin pertemanan baru. Siapapun Anda, B’timers, mulai dari kaum introvert hingga yang jago bergaul sekalipun, Anda pasti merasakan bahwa tidak mudah untuk mendapatkan teman baru seiring dengan bertambahnya usia Anda. Ketika masih duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi, Anda akan dengan mudahnya mengandalkan jadwal kelas atau teman sebaya di lingkungan rumah untuk mencari teman nongkrong atau belajar bersama.

Sayangnya, ketika tak lagi mengenyam pendidikan dan telah memasuki dunia kerja, Anda akan memiliki jadwal yang seringkali berbenturan dengan teman lawas. Otomatis Anda akan dituntut untuk menjalin relasi baru, meski kebanyakan kolega Anda di usia 30-an biasanya sama-sama sibuk dengan jadwal masing-masing, terlanjur nyaman dengan lingkungan pertemanan lama, bahkan cenderung mengabaikan pentingnya berteman. Tapi jangan khawatir, B’timers! Beberapa tips berikut ini akan membantu Anda untuk make friends bahkan mendapatkan BFF (Best Friend Forever) di usia 30-an ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pernah Mimpi Tentang Seks? Ternyata Ini Maknanya

Irene Levine, PhD dalam ­blog-nya The Friendship Blog, menyarankan agar Anda mencoba mendobrak dinding pembatas antara Anda dan circle di sekitar Anda, misalnya dengan bergabung dengan grup arisan atau komunitas jemaat di gereja Anda. Apabila Anda telah berkeluarga, Anda dapat meminta bantuan pasangan Anda untuk menjaga anak-anak ketika Anda menghabiskan me time untuk hang out dengan sesama ibu-ibu.

Apabila Anda sedang berada di tempat baru dan bertemu seseorang yang asing tapi nampak cool, cobalah mengawali percakapan dengan menyapa dan memberikan pujian sederhana, misalnya mengenai gaya berpakaiannya yang unik. B’timers mungkin tidak begitu mujur dan serta-merta mendapatkan teman baru dari pujian kecil semacam itu, namun tidak ada salahnya bukan untuk berbuat baik dengan memuji orang lain?

Usia 30 Susah Cari Teman? Siapa Bilang? | Breaktime
Tak perlu sungkan untuk membangun pertemanan baru di usia matang
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Beri Pelajaran Seks pada Anak:Do’s & Don’ts

Tips selanjutnya yang layak Anda coba ialah menghubungi kembali teman lama Anda. Anda dapat meyapa teman sebangku saat SMA atau partner diskusi di bangku kuliah melalui pesan instan atau kolom obrolan di Facebook. Apapun sarana komunikasi yang Anda pilih, menjalin pertemanan dengan relasi lawas sangatlah mudah untuk dilakukan karena Anda tidak perlu repot-repot memberanikan diri untuk menyapa orang asing atau menebak-nebak karakter dari calon teman baru tersebut. Setidaknya, hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengenang masa sekolah bersamanya hingga menanyakan kabarnya saat ini. The rest is history.

B’timers pernah melakukan blind date? Kali ini, cobalah untuk menjalankan proses yang sama dalam menjalin pertemanan baru, alih-alih untuk mendapatkan kencan. Mintalah teman kerja Anda, misalnya, untuk mengenalkan Anda dengan temannya dari lingkungan berbeda atau sesamacolleague yang mungkin saja sering Anda temui tetapi tidak pernah benar-benar Anda kenal.

Serupa tapi tak sama dengan tips sebelumnya, B’timers juga bisa lho mendapatkan teman baru dari dating app di ponsel pintar Anda. Selain tak hanya untuk menjalin hubungan romantis, Anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan BFF melalui aplikasi sejenis. Dating app memudahkan Anda untuk berkenalan dengan orang baru karena profil tiap pengguna memungkinkan Anda untuk mengenal karakteristik dan kegemaran tiap individu dengan mudah dan blak-blakan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Punya Rahim Terbalik? Ini Posisi Seks untuk Anda

Terakhir, sebelum mencari calon teman potensial, ada baiknya Anda persiapkan diri Anda sendiri terlebih dahulu. Luangkan waktu khusus untuk nongkrong dengan teman baru atau melakukan hal-hal sederhana bersama, seperti jogging di Minggu pagi atau menemaninya melakukan rutinitas groceries shopping bulanan. Sama seperti menjalin hubungan romantis dengan lawan jenis, menjalin pertemanan baru di usia 30-an juga menuntut Anda untuk mencurahkan waktu, energi, serta kreativitas dalam menyusun jadwal bersenang-senang bersama.

Lakukan seluruh tips di atas dengan ceria dan penuh percaya diri. Tampilkan keriangan alami Anda untuk menarik individu baru agar sama-sama bersemangat untuk saling mengenal lebih jauh. Yang tak kalah penting, jangan berekspektasi terlalu muluk-muluk. Bersikaplah terbuka terhadap segala jenis teman dengan berbagai macam kepribadian dan latar belakang. Selamat berpetualang mencari teman baru ya, B’timers!



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE