Tips Beri Pelajaran Seks pada Anak:Do’s & Don’ts | Breaktime
Tips Beri Pelajaran Seks pada Anak:Do’s & Don’ts
25.07.2017

Well, memang tidak pernah ada waktu yang tepat untuk membicarakan hal berbau seksual kepada anak-anak, B’timers. Namun jika bukan dari Anda, maka mereka bisa saja mendapatkan informasi dari teman-teman mereka atau yang lebih parah adalah mencari tahu melalui internet. Dan jika demikian, maka hal buruk akan menjadi dampak bagi masa depan mereka, B’timers. Karena dari info yang mereka dapatkan justru bisa menjerumuskan anak-anak ke dalam sesuatu yang buruk.

Ya, itu adalah hal yang teramat tak nyaman, ketika kedua orangtua duduk bersama berhadapan di depan anak mereka yang tengah memasuki usia pubertas. Terlebih topic pembicaraan yang diangkat adalah hal terkait masalah seksual yang bisa dibilang cukup tabu.

Tak sedikit orangtua di luar sana yang bahkan membiarkan anaknya tumbuh dewasa tanpa memberikan informasi terkait kehidupan seksual, hingga anak-anak yang menanyakannya terlebih dahulu. Dan perlu Anda ketahui, B’timers. Anak-anak tak akan pernah memberikan Anda pertanyaan jika bukan Anda lebih dulu yang mengajak mereka untuk berbicara dan berdiskusi tentang hal tersebut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Punya Rahim Terbalik? Ini Posisi Seks untuk Anda

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan jika Anda ingin mengajak si buah hati berbincang tentang seks, B’timers:

Jelaskan nilai-nilai yang Anda miliki tentang seks. Hal ini yang paling penting untuk Anda lakukan, bahkan sebelum Anda merencanakan berbicara dengan anak-anak tentang seks. Pertama-tama pahamilah sikap dan perspektif diri Anda sendiri tentang seks. Nah, begitu Anda dengan pasangan mencapai pemahaman tentang konteks tersebut, barulah kemudian Anda bisa meluangkan waktu untuk berbincang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Bikin Posisi Women On Top Makin Bergairah

Disarankan untuk tidak menunggu sampai mereka cukup umur dan baru Anda mengajak membicarakan seks, B’timers. Mulailah dengan usia yang sesuai dengan usia diskusi. Persiapkanlah mereka berdiskusi tema berat yang satu ini jauh sebelum mereka mengalami perubahan bentuk tubuh. Membicarakan tentang seks harus diawali dalam konteks. Yang paling buruk adalah mereka bertanya pada teman, lho.

Tips Beri Pelajaran Seks pada Anak:Do’s & Don’ts | Breaktime
Jangan sampai mereka mencari tahu dari teman seumuran, ya?

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan sebelum memberikan pelajaran seksual kepada anak adalah dengan memastikan bahwa diri Anda sendiri telah siap untuk itu, B’timers. Persiapkan juga pertanyaan yang mungkin diajukan oleh buah hati tercinta. Dan yang paling utama adalah memastikan kalian ada di dalam suasana yang nyaman dan benar-benar terbuka sebelum memulai obrolan tentang seks nanti.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Produk Game of Thrones Seksi Ini Wajib Dikoleksi

Hal terlarang yang harus Anda hindari saat akan berbicara tentang seks dengan anak adalah meminjam nama-nama hewan peliharaan untuk menyebutkan area-area pribadi. Well, mungkin ini terdengar lucu dan bisa diterima oleh anak-anak, namun nama-nama karangan tersebut sama sekali jauh dari keadaan nyata, B’timers. Gunakankan nama yang benar untuk menyebut penis, vagina dan bagian intim lainnya.

Anda mungkin berharap memiliki tempat terbaik untuk mengajak anak-anak berbicara tentang seks di rumah. Namun pada kenyataannya tidak ada tempat seperti harapan Anda, B’timers. Mungkin orangtua ingin menghindari kontak mata demi mendapatkan kenyamanan. Nah, Anda sebagai orangtua bisa saja mengajak mereka berbincang serius saat berada di mobil, saat berjalan atau bermain bersama.

Sebagai aturan penting dari obrolan berat yang satu ini adalah jangan terlalu memberikan jawaban nan lugas dan jujur. Usahakan memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan sesuai dengan usia mereka, B’timers. Anak berusia 10, 12 dan 14 tahun memiliki daya tangkap yang sangat berbeda. Atau dengan mengajukan pertanyaan kepada mereka, misalnya darimana mereka memikirkan pertanyaan itu.

Untuk memberikan pelajaran seksual kepada anak, tak ada batasan usia yang paten. Hanya Anda-lah yang mengetahui kapan waktunya, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE