Tinggal Serumah dengan Mertua? Simak Tips Ini! | Breaktime
Tinggal Serumah dengan Mertua? Simak Tips Ini!
19.11.2016

Apa keinginan terbesar Anda setelah menikah, B’timers? Well, impian setiap pasangan setelah menikah tentu tinggal dengan pasangan di rumah sendiri. Namun kenyataannya tidak semua orang mendapatkan kesempatan tersebut. Kurangnya dana membeli atau menyewa rumah sendiri menjadi kendala utama, memaksa mereka tinggal dengan mertua. Intip tipsnya berikut ini jika tinggal di rumah mertua, yuk!

Tinggal Serumah dengan Mertua? Simak Tips Ini! | Breaktime
Tinggal dengan mertua bisa memberikan kenangan manis, kok

Berikan batasan yang ingin ditetapkan

Sebelum tinggal dengan mertua, pastikan Anda dan pasangan telah mendiskusikan bagaimana hidup di rumah orang tua atau mertua. Mulailah dengan beberapa aturan dasar, seperti jadwal buang sampah dan membuat masakan. Hal ini untuk menghindari terjadinya perasaan tertidas karena tanggung jawab.

Pikirkan masalah privasi dengan pasangan

Dan satu hal yang tentunya diharapkan oleh setiap pasangan menikah, terutama pengantin baru, adalah privasi. Ini adalah satu-satunya cara untuk menjaga keintiman serta mengenal pasangan lebih baik, demi membangun keluarga Anda. Memang sulit, namun buat aturan jika kamar adalah ruang privasi Anda.

Tinggal Serumah dengan Mertua? Simak Tips Ini! | Breaktime
Jadikan kamar ruangan yang penuh privasi untuk Anda berdua

Menjauh dari kemungkinan pertengkaran

Kenyataan bahwa Anda dan pasangan tinggal di rumah orang tuanya, memungkinkan dia menjadi anak kecil lagi, B’timers. Pasangan akan lebih mudah terbakar emosi karena terlibat adu argument dengan orang tua. Jika ini terjadi, menjauhlah dari situasi tersebut. Biarkan mereka mengatasi masalah sendiri.

Anda bisa memilih pertengkaran sendiri

Ya, Anda memang harus menghindari kemungkinan terlibat pertengkaran dengan anggota keluarga di rumah. Namun terkadang kita sangat mudah merasa terganggu ataupun sakit hati dengan salah satu hal yang mereka ungkapkan. Berbicaralah dengan baik jika Anda memang tidak punya pilihan menghindar.

Cari bantuan ketika Anda memerlukan

Hidup dengan mertua dapat membawa banyak cerita. Masalah yang membuat stres yang membakar emosi. Hal ini memang tidak dapat dihindari, B’timers. Mintalah bantuan dari pihak konselor jika Anda merasa tekanan batin sudah cukup mengganggu. Jangan merasa malu akan masalah yang satu ini.

Yang utama untuk membiasakan diri ketika harus tinggal satu rumah dengan mertua adalah menjadi sosok yang berpikiran terbuka, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE