Terlambat Haid Tapi Tidak Hamil, Kenapa Ya? | Breaktime
Terlambat Haid Tapi Tidak Hamil, Kenapa Ya?
06.02.2016

Siklus menstruasi yang tiba-tiba berhenti memang bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang hamil. Namun, tidak selalu begitu, B’timers. Berhentinya haid atau haid yang terlambat tidak selalu menjadi penanda kehamilan. Tidak sedikit juga kasus yang terjadi pada beberapa wanita yang terlambat haid tapi tidak hamil.

Jika kasus itu terjadi pada Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dengan jelas. Anda juga perlu meyakinkan diri sendiri bahwa terlambat datang bulan tidak selalu berarti bahwa Anda hamil ya, B’timers. Ada faktor-faktor yang mnyebabkan siklus datang bulan Anda telat.

Bagaimana proses menstruasi terjadi?

Proses menstruasi idealnya terjadi sekali dalam sebulan. Haid terjadi dari imbas sel telur di dinding rahim yang tidak dibuahi. Akibatnya, mekanisme tubuh memaksa sel-sel telur tersebut untuk luruh dari dinding rahim dengan sendirinya untuk ditempati pembentukan sel telur yang baru. Jadi, darah yang mengalir dari vagina beberapa hari dalam sebulan ada tanda luruhnya sel telur dari dinding rahim.

Lantas bagaimana dengan kasus haid yang terlambat padahal tidak terjadi pembuahan di dinding rahim, B’timers? Mungkinkah ada penyakit tertentu yang sedang diderita wanita yang mengalami hal seperti itu?

Terlambat Haid Tapi Tidak Hamil, Kenapa Ya? | Breaktime
Tidak selalu berarti hamil

Penyebab menstruasi terlambat

Satu hal yang patut diwaspadai ketika Anda terlambat haid tapi tidak hamil adalah kemungkinan adanya penyakit dalam tubuh Anda. Penyakit yang paling umum diderita wanita yang sering terlambat datang bulan adalah miom dan kista. Mioma merupakan daging tumbuh yang berada di sekitar uterus atau rahim, namun bukan kanker atau tumor ganas yang disebabkan karena sel otot rahim berkembang secara abnormal. Sedangkan kista adalah penyakit rahim yang berupa tumor jinak. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur.

Terlambat Haid Tapi Tidak Hamil, Kenapa Ya? | Breaktime
terlambat haid bisa jadi tanda penyakit

Selain penyakit, hal yang menyebabkan haid terlambat adalah kelelahan fisik yang berlebihan. Tubuh yang kurang istirahat bisa menyebabkan kelelahan juga pada mekanisme tubuh sehingga sel telur baru terlambat dibentuk. Namun, penyebab umum terlambatnya datang bulan adalah masalah hormonal. Setiap wanita memiliki hormon yang berbeda yang juga mempengaruhi perbedaan sikulus haid.

Jika Anda mengalami keterlambatan datang bulan, Anda tidak perlu panic yang berlebihan. Cobalah lebih tenang dan rileks. Ambillah beberapa liburan, istirahat dan menjauh dari hal-hal yang menyebabkan stres. Jika fisik dan mental Anda sudah lebih santai, siklus haid akan kembali normal. Namun Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter jika keterlambatan berlangsung terlalu lama.

Nah, dengan informasi di atas, semoga Anda lebih memahami penyebab terlambat haid tapi tidak hamil dan bagaimana mengatasinya, ya! Jika B’timers merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan pada orang-orang yang membutuhkan. (nap)

Share This Article