Tebak Persalinan Via Kalkulator Kehamilan l Breaktime
Tebak Persalinan Via Kalkulator Kehamilan
06.08.2017

Menunggu kedatangan buah hati untuk lahir ke dunia adalah salah satu momen paling mendebarkan dalam hidup. Terkhusus pada pihak wanita yang mengandung— yang dalam hitungan bulan akan mendapat gelar baru sebagai seorang ibu. Apakah Anda salah satunya, B’timers? Bila iya maka selamat ya! Ketahuilah bahwa jabang bayi yang ada pada kandungan Anda adalah sebuah amanah yang telah dipercayakan oleh Tuhan. Oleh sebab itu, jaga baik-baik kehamilan Anda dengan selalu memantau kondisi Anda dan jabang bayi dari segi kesehatan sampai perkiraan waktu kelahiran.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Intip Tips Mudah serta Cara Cepat Punya Anak Ini

Beruntung di internet sudah banyak yang situs yang menyediakan layanan kalkulator kehamilan. Layanan ini pun dapat diakses dan digunakan secara gratis. Informasi yang perlu dimasukkan ke dalam kalkulator ini juga hanya sebatas informasi HPHT, yakni Hari Pertama Haid Terakhir. Sayangnya nih, acap kali kalkulator semacam ini kurang menampilkan hasil yang akurat akibat berbagai faktor. Kekurangan ini bisa jadi bukan salah dari sang kalkulator, mengingat beberapa dari Anda juga belum tentu memiliki siklus menstruasi tepat 28 hari.

Anda bisa kunjungi beberapa situs yang menyediakan layanan kalkulator kehamilan
Anda bisa kunjungi beberapa situs yang menyediakan layanan kalkulator kehamilan

Yah, terus bagaimana dong? Padahal Anda ingin tahu kan tanggal berapa dan bulan apa Anda akan melangsungkan proses persalinan? Selain sekedar untuk mengobati rasa penasaran, mengetahui estimasi tanggal kelahiran juga akan membuat Anda dan keluarga jadi lebih prepared. Semisal suami Anda sibuk dengan schedule pekerjaan yang padat, kalkulator kehamilan juga berguna untuk memberitahukan kapan Ia harus melonggarkan jadwalnya demi menemani Anda melahirkan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Beda Tanda-tanda Datang Bulan dan Kehamilan!

Hm, sebenarnya Anda bisa kok tak bergantung pada kalkulator kehamilan online. Pasalnya, ada dua rumus kalkulator kehamilan manual yang perhitungannya dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Rumus pertama bertajuk rumus Naegele. Sedangkan rumus kedua dikenal dengan sebutan rumus Parikh. Yuk kita bahas satu-persatu secara berurutan!

Tanggal persalinan didapat dari informasi HPHT sang ibu
Tanggal persalinan didapat dari informasi HPHT sang ibu

Rumus Naegele ditemukan pada abad ke 19 oleh seorang dokter kandungan berkebangsaan Jerman, Franz Karl Naegele. Nah, rumus ini nih yang kerap kali dijadikan acuan pada kalkulator kehamilan online. Ia mengandalkan informasi HPHT Anda sebagai indikator satu-satunya dalam menentukan datangnya tanggal kelahiran. Cara perhitungannya ada dua. Yang pertama, Anda bisa menambahkan sembilan angka pada bulan HPHT, dan tujuh angka pada hari HPHT. Sebagai contoh, HPHT Anda adalah 14 Mei 2017. Bulan Mei adalah bulan ke lima, ditambahkan angka sembilan maka bulannya bergeser menjadi bulan Februari. Untuk bagian harinya, angka 14 ditambah angka 7 menjadi angka 21. So, kemungkinan besar anak Anda akan lahir pada 21 Februari 2018.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Senam Ibu Hamil Buat Proses Kelahiran Lancar

Kalau cara yang kedua, Anda perlu menambahkan satu angka pada tahun HPHT, pengurangan tiga angka pada bulan HPHT, dan penambahan tujuh angka pada hari HPHT. Bingung? Well, let’s say HPHT Anda adalah 7 April 2017. Maka tahun persalinan ditambah satu angka menjadi tahun 2018. Bulannya digeser tiga bulan ke belakang menjadi bulan Januari. Tanggalnya ditambah tujuh menjadi tanggal 14. Hasilnya, Anda diperkirakan bersalin pada tanggal 14 Januari 2018.

Tapi seperti yang sudah dikatakan di awal, rumus kalkulator kehamilan di atas akan efisien bila siklus haid Anda benar-benar bulat 28 hari. Bila tak yakin, maka pakai saja rumus Parikh. Hari perkiraan persalinan akan didapat dengan cara perhitungan seperti ini: HPHT + sembilan bulan + (lama siklus menstruasi – 21 hari). Rumus ini akan lebih menolong karena Ia dibuat atas perhitungan proses ovulasi. Terlepas dari cara manapun yang dipilih— semoga proses kelahiran Anda lancar ya, B’timers! (kps) 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE