Tanda Hubungan yang Tidak Sehat, Apa Saja? | Breaktime
Tanda Hubungan yang Tidak Sehat, Apa Saja?
04.04.2016

Semua orang tahu bahwa hubungan yang tidak sehat merupakan hubungan yang dapat merugikan salah satu atau kedua belah pihak. Sayangnya, masih banyak hubungan tidak sehat yang tak terdeteksi karena banyak tanda-tanda yang diabaikan. Apa saja ya, B’timers?

Menyangkal kondisi

Seringkali sesorang sadar bahwa hubungan yang dijalaninya merupakan sebuah hubungan yang tidak sehat. Namun, mereka menyangkal kenyataan ini dan menganggap bahwa semuanya baik-baik saja. Untuk itu, koreksi kembali hubungan Anda dan pasangan ya, B’timers.

Tanda Hubungan yang Tidak Sehat, Apa Saja? | Breaktime
Anda sering menganggap semua baik-baik saja

Melakukan tipu muslihat

Pada hubungan yang tidak sehat, salah satu dari Anda atau pasangan seringkali melakukan tipu muslihat untuk mengontrol pasangannya. Awalnya mungkin tak terlihat secara gamblang, namun seiring berjalannya waktu hal ini akan semakin tampak jelas.

Tak bisa ‘hidup’ tanpa pasangan

Melakukan segala hal bersama pasangan memang hal yang sangat membahagiakan. Tapi, setiap orang tentu memiliki kepentingan dan kehidupan pribadi masing-masing. Pada hubungan yang tidak sehat, Anda akan merasa tak bisa hidup tanpanya dan bisa menyebabkan masalah.

Tanda Hubungan yang Tidak Sehat, Apa Saja? | Breaktime
Anda akan merasa sulit untuk meninggalkannya

Tanpa logika

Jatuh cinta merupakan hal yang sangat wajar, tapi teliti kembali apa yang membuat Anda jatuh cinta pada pasangan. Seringkali seseorang yang berada dalam hubungan tidak sehat tak sadar karena terlalu percaya pada perasaannya tanpa mempertimbangkan logika.

Sulit untuk meninggalkan

Meninggalkan pasangan dalam hubungan yang tidak sehat seringkali dianggap mustahil. Hal ini karena pasangan akan mengontrol seluruh kehidupan Anda, sehingga Anda tak memiliki akses pada orang atau hal lain untuk menemukan bantuan.

Tanda Hubungan yang Tidak Sehat, Apa Saja? | Breaktime
Intimidasi psikologis juga menjadi tanda hubungan tidak sehat

Tak selalu kekerasan fisik

Hubungan yang tidak sehat bukan hanya ditandai dengan kekerasan fisik saja. Intimidasi secara emosional dan psikologis, serta kekerasan seksual juga dapat menjadi ciri hubungan yang tidak sehat tanpa kekerasan fisik sekalipun.

Meski hubungan yang tidak sehat tampak mengerikan dan membuat tak nyaman, namun tak semua hubungan harus diakhiri begitu saja. Anda bisa memperbaiki hubungan menjadi lebih baik dan semakin baik dengan kerjasama sebagai kuncinya. Untuk itu, coba komunikasikan dengan baik setiap masalah yang ada, karena setiap orang tentu memiliki kebaikan dalam hatinya. (dfr)

Share This Article