Tak Perlu Sampai Putus Jika Rasa Bosan Menghadang ! | Breaktime
Tak Perlu Sampai Putus Jika Rasa Bosan Menghadang, Ada Solusinya!
14.10.2015
“You don’t need to feel guilty if you’re getting bored with your relationship. You just need to understand why you’re bored and do something about it” – Jessica Dawson

Segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki antiklimaks yang jika terus dibiarkan bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut juga berlaku pada sisi percintaan lho, B’timers! Ada kalanya dengan hadirnya titik jenuh ini maka kebosanan dalam hubungan memicu banyak sekali masalah, salah satunya adalah pertengkaran yang dimulai dari hal yang amat sangat sepele.

Bahkan tidak jarang rasa bosan yang semakin menumpuk ditambah dengan permasalahan yang seakan tidak pernah habis, membuat seseorang bingung. Ya, bingung antara memilih untuk berhenti atau meneruskan hubungan yang semakin gloomly dan tidak memiliki lagi sparkling seperti yang didapatkan di saat awal percintaan.

Seperti survei yang pernah dilakukan oeh sebuah website bernama Good in Bed, mayoritas rasa bosan tersebut muncul karena;

  • Bertambahnya usia
  • Memiliki anak
  • Kehamilan
  • Merasa tidak menarik lagi
  • Kurang menantang

Walaupun tidak semua, akan tetapi mayoritas rasa bosan ini sering dialami oleh pasangan yang sudah menjalani hubungannya dalam rentang waktu yang cukup lama. Agar tidak membuat hubungan semakin buruk dan berujung pada perpecahan atau perpisahan, maka dibutuhkan langkah cerdas untuk menanggulangi rasa bosan tersebut.

Cara-cara di bawah ini mungkin dapat B’timers lakukan untuk mencegah atau juga menanggulangi rasa bosan dalam berhubungan.

Definisikan arti kata bosan dalam hubungan Anda

Tak Perlu Sampai Putus Jika Rasa Bosan Menghadang ! | Breaktime
Dengan mengerti apa yang membuat bosan, Anda dapat mengambil langkah selanjutnya

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Harasymchuk dan Fehr, rata-rata para partisipan menjawab bahwa arti dari kebosanan sendiri adalah saat di mana kurangnya kompatibilitas di dalam hubungan.

Kurangnya kompatibilitas tersebut dikarenakan banyak hal, seperti flat atau hubungannya berasa standar dan tidak ada yang membuat menarik, hilangnya rasa kangen ketika tidak bertemu sampai dengan berkurangnya rasa sense of belonging antara keduanya.

Oleh karenanya, B’timers perlu untuk menyendiri terlebih dulu dan merenungkan apa arti bosan yang sudah menghampiri dan break it down to know the problems and how to fix it.

Komunikasi dan mendengarkan

Tak Perlu Sampai Putus Jika Rasa Bosan Menghadang ! | Breaktime
Komunikasi adalah kunci dari segala pintu dan tembok yang menghalangi munculnya rasa

Komunikasi adalah hal yang terpenting dalam menjalin dan menjalankan sebuah hubungan. Tanpa adanya komunikasi maka semuanya akan serba abu-abu atau tidak diketahui ujung-pangkalnya. Jalin komunikasi sesering mungkiin jika B’timers tidak ingin rasa bosan itu datang. Lakukan juga komunikasi dengan tidak ada judgement dan pembenaran diri termasuk meninggikan ego masing-masing.

Jika Anda sering berbicara, maka untuk kali ini belajarlah untuk mendengar. Dengan mendengarkan apa yang dilontarkan pasangan, keluh kesah, uneg-uneg dan segala hal yang dia rasakan dan alami selama ini, B’timers dapat mengetahui titik masalah sebenarnya yang dapat memicu kebosanan.

Quality time

Tak Perlu Sampai Putus Jika Rasa Bosan Menghadang ! | Breaktime
Habiskan waktu bersama walaupun doing stupid things juga efektif untuk menghilangkan kebosanan

Memang terkesan sepele, namun berdua bersama pasangan saja dan menghabiskan waktu bersama dapat mengembalikan mood serta memunculkan lagi getaran-getaran cinta yang awalnya mulai meredup. Walaupun tidak sesering atau bahkan satu minggu sampai 2-3 kali, cukup 1 kali dalam seminggu saja sudah cukup, asalkan quality time yang dilakukan benar-benar berkualitas.

Ambil jarak dan melakukan me time

Tak Perlu Sampai Putus Jika Rasa Bosan Menghadang ! | Breaktime
Untuk lakukan hal ini, komunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan beserta alasan kenapa melakukannya

Walaupun risikonya lumayan besar, yaitu bisa ‘lepas’ dan hubungan berakhir berantakan, akan tetapi take a distance for a while juga disarankan agar Anda atau pasangan dapat fokus untuk melakukan aktivitas yang ingin atau sedang dikerjakan. Akan tetapi, jangan lupa untuk terus melakukan komunikasi, baik via pesan teks atau juga email atau jejaring sosial.

Take a double date

Tak Perlu Sampai Putus Jika Rasa Bosan Menghadang ! | Breaktime
Walaupun bukan hal yang dapat 100% berhasil mencegah dan mengusir kebosanan, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba, kan?]

Double date merupakan salah satu opsi yang dapat diambil agar hubungan tidak terkesan flat. Dengan melakukan kencan bersama dengan teman atau kerabat, maka Anda dan pasangan akan mendapatkan suasana berhubungan yang baru.

Break the routinities

Tak Perlu Sampai Putus Jika Rasa Bosan Menghadang ! | Breaktime
Sesekali don’t follow the stream and break it for pleasure

Dalam hal ini, B’timers dapat menabrak semua hal yang selama ini dilakukan bersama dengan pasangan. Ciptakan sesuatu yang benar-benar berbeda dan menantang untuk dilakukan bersama, seperti going somewhere atau semacamnya.

Kebosanan pada dasarnya adalah rasa yang muncul karena hal yang sama dan terus dilakukan dalam jangka waktu sama dan tidak ada pergolakan di dalamnya. Oleh karenanya ciptakan ‘riak’ yang tidak sampai membuat kapal tenggelam tapi lebih menantang.

Share This Article