Sukseskan Persalinan dengan Video Senam Hamil | Breaktime
Sukseskan Persalinan dengan Video Senam Hamil
25.10.2017

Wah, selamat ya Moms! Setelah melalui masa awal kehamilan yang mendebarkan, tibalah Anda di usia kehamilan trimester akhir. Ya, sebentar lagi Anda akan dapat bertemu dengan buah hati yang sudah lama Anda nanti-nantikan kehadirannya. Yang pasti, saat ini Anda dipenuhi dengan pengharapan dan sedikit rasa waswas seiring dengan semakin dekatnya hari persalinan. Ajakan untuk mengikuti kelas senam hamil pun semakin santer Anda dengar. Tanpa mendaftar ke kelas senam hamil pun sebenarnya Anda bisa melakukan sendiri senam hamil di rumah lho, B’Timers. Misalnya, dengan menyaksikan video senam hamil rekomendasi dari BreakTime berikut ini.

Di dalam video senam hamil yang dibuat oleh tim Frisian Flag ini, ada beberapa gerakan senam yang sederhana dan pastinya aman untuk Bunda praktekkan. Nah agar otot Anda tidak kaget, pertama-tama Anda wajib melakukan senam pemanasan terlebih dulu. Caranya, berdirilah tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Setelah itu rentangkan kedua tangan Anda dan letakkan kedua lengan ke belakang kepala. Setelah itu, tundukkan kepala Anda, dan tahan kepala Anda dalam posisi tersebut sambil menghitung hingga angka 8. Tujuan dari gerakan pemanasan ini tak lain untuk membantu mengurangi kekakuan serta nyeri pada daerah leher.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Cepat Bikin Anak via Baby-Making Sex

Setelah itu, yuk move on ke tahap selanjutnya. Masih dalam posisi tegak dengan kaki terentang selebar bahu, tangkupkan kedua tangan Anda di bawah dagu. Gerakkan kepala Anda ke atas dengan kedua tangan Anda sebagai penyangganya. Tahan gerakan ini sambil menghitung hingga sampai angka 8. Kembalilah ke posisi netral.

Gerakan selanjutnya, letakkan tangan kanan Anda ke telinga sebelah kiri melewati kepala. Miringkan kepala Anda ke arah kanan, dan hitung sampai 8. Lakukan hal yang sama dengan sisi kepala sebelah kiri. Lanjutkan dengan gerakan pemanasan selanjutnya, yaitu dengan menarik tangan Anda ke arah menyilang dan tahan tangan tersebut dengan meletakkan sisi tangan yang lain pada area siku. Tahan posisi ini dalam 8 hitungan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Persalinan Lancar dengan Senam Ibu Hamil 8 Bulan

Setelah melakukan gerakan pemanasan, saatnya Anda mempraktekkan gerakan senam ibu hamil nih. Untuk melakukan gerakan ini, Anda perlu kursi atau sofa untuk membantu menyangga beban berat tubuh Anda.  Dengan posisi tubuh netral, letakkan kedua tangan Anda pada sandaran kursi. Lakukan gerakan menarik bahu ke bawah, setelah itu tekan punggung Anda ke bawah.

Jangan lupa, ketika Anda menarik bahu tumit Anda juga harus dalam keadaan berjinjit dan atur pernapasan Anda. Ulangi gerakan ini sebanyak 8-10 kali dalam masing-masing 3 set. Tujuan dari melakukan gerakan ini adalah untuk membantu menguatkan otot di daerah perut, pinggang, dan tungkai. Beristirahatlah dengan menarik dan menghembuskan napas secara teratur.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Revolusi Seks Hugh Hefner, Mendiang Bos Playboy

Apabila Bunda masih memiliki energi, baru Anda bisa lanjut dengan melakukan gerakan satu ini. Pertama-tama, tempelkan kedua tangan dan kaki pada lantai. Setelah itu, perlahan-lahan naikkan punggung Anda sehingga posisi pantat Anda berada lebih tinggi dari kepala Anda. Lakukan gerakan mencondongkan bahu Anda ke depan, kembali ke posisi awal. Dan lakukan gerakan yang sama sebanyak 8-10 kali yang masing-masing dibagi dalam 3 set. Jangan lupa untuk kembali beristirahat dengan mengatur napas Anda secara perlahan.

Dan sebelum Anda melakukan gerakan senam di dalam video senam hamil ini, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan. Yang pertama adalah pastikan bahwa Anda mengenakan pakaian olahraga yang nyaman dan longgar. Ada baiknya juga untuk menggunakan matras atau karpet sebagai alas senam untuk mencegah Anda dari terpeleset. Soal pemilihan ruangan senam, sebaiknya memilih ruangan yang lapang dan tidak terlalu banyak perabotan untuk membuat gerakan senam Anda makin leluasa. Dan hanya karena ada banyak jenis senam hamil di dalam video ini, bukan berarti Anda wajib melakukan semuanya. Cukup lakukan sebanyak yang Anda mampu, ya. Selamat mencoba! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE