Suka Narsis? Apakah Anda Tipe Ekshibisionis? | Breaktime
Suka Narsis? Jangan-jangan Anda adalah Tipe Ekshibisionis?
19.11.2015

Walaupun tidak semua orang, akan tetapi pastinya di antara B’timers sekalian ada yang pernah menjadi korban keusilan para ekshibisionis.Wait .. exibisionist? What is that?

Diambil dari kata dalam Bahasa Inggris, exhibition yang artinya pertunjukan, penjelasan paling mudahnya, ekshibisionisme adalah suatu tindakan memamerkan atau mempertontonkan bagian tubuh yang dianggap vital (alat kelamin) secara sadar dan dengan tujuan kepuasan seksual. Sedangkan orangnya biasa disebut dengan ekshibisionis (eksi).

Menurut pakar medis dan para psikolog di seluruh dunia, aksi mempertontonkan alat kelaminnya kepada orang lain secara sengaja ini merupakan satu gangguan mental. Dan dalam lansiran American Psychiatric Association (APA), aksi ekshibisionis ini merupakan bagian dari parafilia atau ketertarikan seksual terhadap obyek yang tidak wajar atau juga aktivitas seksual menyimpang dan tidak pada umumnya.

Khususnya dalam hal ini, ekshibisionis masuk dalam kategori Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder-III-R atau bagian dari parafalia yang mana di dalamnya termasuk pula fetisme, pedofilia dan voyeurisme.

Suka Narsis? Apakah Anda Tipe Ekshibisionis? | Breaktime
Rata-rata para eksi ini melakukannya dengan penuh strategi dan mempersiapkan segalanya secara matang

Ada berbagai macam motivasi kenapa para eksi ini melakukan hal tersebut. Tiga hal utama yang melandasi mereka melakukannya adalah untuk menakuti, mengejutkan dan membutuhkan pengakuan (untuk dikagumi).

Dengan semakin korban takut, terkejut apalagi kagum, maka semakin besar pula rasa senang dan bangga dalam hati para eksi. Bahkan tidak sedikit dari para eksi ini tidak hanya mempertontonkan saja, melainkan juga melakukan masturbasi dan sejenisnya di depan korban mereka.

Tapi tahukah Anda, B’timers, jika Anda juga bisa masuk kategori sebagai seorang ekshibisionis, lho.

Kenapa begitu? Secara umum, ekshibisionisme merupakan bagian dari narsisme yaitu mempertunjukkan diri ke khalayak umum dengan tujuan ingin dikagumi, pamer dan juga pengakuan ditambah dengan aspek seksualitas.

Bahkan menurut beberapa penelitian yang dilakukan tidak secara bersamaan dengan hasil yang serupa menyebutkan bahwa orang-orang yang masuk kategori narsis ini memiliki kecenderungan tidak malu dan percaya dirinya tinggi. Bahkan untuk pamer apa yang mereka inginkan dan menurut masyarakat umum adalah hal yang aneh, mereka akan melakukannya dengan santai.

Jika kebanyakan para eksi dilakukan oleh pria, sedangkan kebanyakan orang yang masuk dalam rana narsis adalah para wanita. Jadi menurut B’timers, mana yang lebih berpeluang untuk menjadi seorang ekshibisionis? (das)

Share This Article