Suka Adu Argumen dengan Pasangan? Ini Tipsnya! | Breaktime
Suka Adu Argumen dengan Pasangan? Ini Tipsnya!
05.05.2016

Anda suka heran, bagaimana bisa pasangan yang begitu sering bertengkar tapi tetap mengaku saling mencintai, B’timers? Well, adu argumen dalam sebuah hubungan memang tidak terelakkan bagi kebanyakan pasangan. Tentu saja ada beberapa pasangan bahagia yang jarang bertengkar dan tetap mampu memahami satu sama lain sepenuhnya.

Dan pada kenyataannya, tidak semua argument buruk bagi hubungan Anda, lho. Perkelahian atau perbedaan pendapat merupakan permintaan bahwa pasangan Anda ingin didengar, B’timers. Selama Anda mengingat tips ini saat berargumen dengan pasangan, maka tidak ada yang harus dikhawatirkan lagi, B’timers.

Bersikap jujur

Langkah pertama saat terlibat dalam adu argumen bersama pasangan adalah kejujuran. Pertama, pahami alasan mengapa Anda merasa sangat marah dan bicarakan pada pasangan. Demikian juga jika Anda sendiri tidak mengetahui penyebab timbulnya kemarahan tersebut. Bersikaplah terbuka dan jujur mengenai segalanya pada pasangan, B’timers.

Suka Adu Argumen dengan Pasangan? Ini Tipsnya! | Breaktime
Kekuatan fisik bukan jalan keluar dari masalah

Jangan membisu

Ketika pasangan meminta Anda memberikan jawaban, jangan pernah duduk membisu dan mengabaikan mereka. Anda mungkin menganggap dengan diam dan tidak terpancing emosi, merupakan cara terbaik untuk berhadapan dengan kekasih yang sedang marah, itu salah besar! Jangan sampai dia merasa semakin buruk karena Anda mendiamkannya.

Mintalah maaf

Jika sudah tahu salah, lupakan tentang harga diri dan katakan bahwa Anda menyesal. Pasangan Anda mungkin akan terkejut, tapi mereka akan menghargai sikap Anda dan mengakui ketulusan itu, B’timers. Bahkan jika Anda benar dan pasangan meminta maaf, sangat penting memberitahunya bahwa Anda juga menyesal karena tidak mampu memahami mereka.

Suka Adu Argumen dengan Pasangan? Ini Tipsnya! | Breaktime
Buang harga diri dan minta maaflah!

Jangan mengungkit

Saat kalah dalam argumen, jangan mencoba membawa masalah lama di masa lalu, B’timers. Apalagi jika Anda melakukan hal tersebut untuk menyalahkan pasangan. Fokuslah pada apa yang menjadi inti dari masalah sekarang, dan jangan menghindarinya. Jika tidak, maka pasangan akan menutup diri secara emosional dari Anda saat ada masalah di masa depan.

Coba tenang

Memang sulit berpikir jernih saat berada di tengah pertengkaran. Namun, ketahuilah, bahwa kemarahan tidak akan pernah dapat memperbaiki masalah, B’timers. Jadi ketika Anda merasa tak mampu menahan emosi, cobalah untuk diam selama beberapa menit sampai kemarahan berkurang. Lalu cobalah untuk berbicara satu sama lain dengan tenang.

Suka Adu Argumen dengan Pasangan? Ini Tipsnya! | Breaktime
Terkadang dekapan dan kecupan mampu menenangkannya

Dan yang terpenting adalah jangan pernah kemarahan menjadi alasan Anda menggunakan kekuatan fisik untuk menyakitinya, B’timers! Jangan jadikan pertengkaran membuat Anda sampai gelap mata. Bahkan jika perlu, rengkuh dia dalam pelukan jika suasana mulai terasa sedikit panas. Jangan katakan apapun, dan cobalah untuk mengingat betapa Anda mencintainya. (NO)

Share This Article