Stay Strong Saat Puasa, Tips Sehat Ibu Menyusui! | Breaktime
Stay Strong Saat Puasa, Ini Tips Sehat Ibu Menyusui!
09.06.2017

Puasa di Bulan Ramadhan adalah hal wajib bagi seluruh umat muslim yang mampu untuk menjalankannya. B’timers pasti sudah tahu, ada beberapa pengecualian tentang siapa saja yang tidak diperbolehkan puasa. Misalnya saja orang yang sedang sakit, ibu hamil, dan ibu menyusui. Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang memperbolehkan ibu hamil dan ibu menyusui untuk berpuasa, dengan syarat memiliki fisik yang kuat.

Kali ini Breaktime akan mengupas habis tentang tips berpuasa untuk ibu menyusui dan dalam keadaan apa ibu menyusui tidak diperbolehkan untuk berpuasa? For the first time, moms akan diajak untuk mengetahui keadaan seperti apa yang membuat ibu menyusui tidak diperbolehkan puasa. Let’s check this out!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Penuh Haru dari Tradisi Buka Puasa Bersama

Saat Anda mulai merasa sangat dehidrasi dan kehausan di tengah menjalankan ibadah puasa, sebaiknya puasa Anda dihentikan saja. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada produksi ASI Anda. Jika sudah merasakan hal seperti ini, langsung batalkan puasa dan minum air putih sebanyak-banyaknya. Anda juga bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi buah dan sayur agar cairan tubuh tetap terjaga.

Selanjutnya adalah ketika Anda melihat urin berwarna gelap dan berbau tajam. Ini juga merupakan tanda bahwa Anda kekurangan cairan dalam tubuh. Sama halnye dengan dehidrasi, jika sudah demikian batalkan puasa dan minum sebanyak-banyaknya.

Lesu, lemah, hingga pingsan juga merupakan pertanda buruk. Bukan hanyan kekurangan cairan, hal ini menunjukkan bahwa Anda sangat membutuhkan asupan energi dan nutrisi selama menyusui. So, jangan dipaksakan untuk terus berpuasa.

Pusing juga bisa jadi tanda bahwa Anda kekurangan cairan. Jika tidak ingin merasa sakit kepala, kurangi konsumsi kafein saat berbuka dan sahur. Sebaliknya, perbanyak minum air putih dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. 

Stay Strong Saat Puasa, Tips Sehat Ibu Menyusui! | Breaktime
Tetap perhatikan asupan makanan selama bulan puasa
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Puasa Saat Hamil, Why Not! Ini Tips & Manfaatnya

Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk Anda yang sedang dalam proses menyusui agar bisa tetap menjalankan ibadah puasa. Ingatlah bahwa metabolisme tubuh Anda akan bekerja lebih untuk memproduksi ASI dengan komposisi yang lengkap.

Jadi, usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter yang menangani Anda. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan, sehingga bisa memberikan rekomendasi pada Anda apakah boleh berpuasa atau tidak. Apakah dengan berpuasa bisa membayakan sang ibu dan bayi atau tidak.

Jika memang tak masalah untuk berpuasa, Anda harus benar-benar menjaga keseimbangan gizi dengang mempertahankan pola makan 3 kali sehari. Lalu bagaimana jika sedang berpuasa? Anda bisa makan 3 kali sehari pada saat sahur, berbuka puasa, dan menjelang tidur setelah sholat tarawih. Mengapa demikian? Yap, karena ibu menyusui harus mendapatkan 700 kalori per hari. 500 kalori dari asupan makanan dan sisanya diambil dari cadangan lemak dalam tubuh.

Usahakan juga agar tidak mengalami dehidrasi saat sedang bepuasa. Caranya adalah semakin memperbanyak minum air di bulan puasa dibandingkan dengan biasanya. Manfaatnya saat berbuka puasa dan sahur untuk banyak minum. Saat sahur juga disarankan untuk minum susu agar terhindar dari anemia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ingin Puasa Anti Lapar Dan Haus? Bisa!

Konsumsi makanan sehat juga sangat dianjurkan. Sayur dan buah menjadi makanan yang harus ada di meja makan. Tambahkan dengan mengonsumsi madu dan kurma untuk tambahan vitamin alami. Selanjutnya adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup agar tidak terlalu banyak mengeluarkan cairan dan mengurangi rangsangan rasa lapar.

Ketika sore hari menjelang berbuka, Anda baru bisa santai bersama sang buah hati di teras rumah atau di ruang keluarga. Setelah selesai memasak, Anda bisa menunggu bedhug maghrib dengan browsing informasi bermanfaat. Anda bisa check-check situs di sini investasi untuk masa depan sang buah hati. Tak terasa waktu berbuka pun tiba dan puasa Anda bisa berjalan dengan lancar meskipun sedang menyusui. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE