Perbedaan Single dan Jomblo | Breaktime
Single dan Jomblo Itu Beda, Lho!
28.12.2015

Ketika B’timers sedang merasa gloomy, galau atau juga baper dan terhubungan dengan internet, maka  tidak jarang menemukan banyak quote atau kalimat-kalimat inspiratif yang tersebar di dunia maya.

Dari banyaknya quote-quote tersebut, tidak sedikit yang menyangkut masalah loneliness atau aloneness. Sekilas keduanya terlihat memiliki persamaan arti dan kata, namun pada dasarnya keduanya adalah berbeda.

Lantas apakah perbedaan antara loneliness dan aloneness?

Loneliness

Perbedaan Single dan Jomblo | Breaktime
Secara artian dalam Bahasa Indonesia, loneliness adalah kesepian

Menurut artian kamus, loneliness atau kesepian adalah keadaan di mana Anda berada berada di luar lingkaran dan dalam posisi depresi, kehilangan, sakit, tidak sempurna dan juga merasakan kesepian yang dalam.

Secara umum, loneliness adalah pikiran negatif yang tentunya sangat jelek apabila berada dalam diri B’timers terlalu lama, karena dapat membuat Anda menjadi tidak lagi mandiri dan merasa paling menderita dan sengsara sendiri di dunia.

Aloneness

Perbedaan Single dan Jomblo | Breaktime
Seseorang yang ‘alone’ tidak selalu merasa kesepian karena dia sudah memposisikan diri untuk sendiri

Jika loneliness berkonotasi negatif, maka aloneness justru memiliki sisi positif. Aloneness adalah keadaan di mana Anda menjadi diri sendiri, mandiri, hidup, bahagia akan yang ada, kuat untuk berdiri dengan apa yang dimiliki dan tentunya penuh dengan rasa cinta dan syukur.

Jadi dapat dikatakan bahwa aloneness hanya menggambarkan kondisi fisik saja dan tidak selalu merasa sendiri walaupun sedang sendirian. Setiap orang memerlukan interaksi dengan banyak pihak, namun ada pula yang membutuhkan me time atau kesendirian untuk mencapai atau mendapatkan kebahagiaan.

Nah, ketika kedua kata tersebut dihubungan dengan jomblo atau sebutan terhadap seseorang yang tidak memiliki pasangan, maka apakah jomblo termasuk aloneness atau loneliness?

Jomblo = Aloneness atau Loneliness

Perbedaan Single dan Jomblo | Breaktime
Keduanya memang dapat dikatakan jomblo, namun salah satunya ada yang lebih tepat atau masuk

Apabila disamaratakan, maka jomblo masuk dalah artian keduanya, namun dari sisi yang lebih detail lagi, aloneness lebih condong ke arah single, sedangkan loneliness adalah jomblo itu sendiri. Dan mungkin B’timers pernah mendengar ungkapan, “Aku enggak jomblo, hanya single saja.” Nah, apa artinya?

Well, seseorang yang jomblo tentunya tidak memiliki pasangan karena faktor dia sudah mencari namun tidak kunjung mendapatkan pengganti yang baru, sedangkan single lebih condong ke arah aloneness yaitu karena orang yang bersangkutan memilih untuk sendiri demi tujuan khusus. Jadi benar apa yang sering digunakan sebagai bahan joke bahwa single itu adalah pilihan, sedangkan jomblo itu adalah nasib. (das)

Share This Article