Siklus Haid Tak Teratur? Ini Penjelasannya | Breaktime
Siklus Haid Tak Teratur? Ini Penjelasannya
23.06.2017

Siklus menstruasi Anda tidak selalu seperti jarum jam. Beberapa wanita mendapatkan menstruasi sesuai jadwal setiap 28 hari, sementara siklus wanita lain tidak begitu mudah ditebak. Setidaknya 30 persen wanita memiliki periode tidak teratur selama tahun-tahun produktif.

Kapan sebuah periode tidak beraturan? Siklus menstruasi normal berlangsung 28 hari, plus atau minus tujuh hari. Perdarahan menstruasi dianggap tidak teratur jika terjadi lebih sering daripada setiap 21 hari atau berlangsung lebih lama dari 8 hari. Menstruasi yang terlalu awal, atau terlambat juga dianggap sebagai tanda adanya siklus yang tidak teratur.

Dalam banyak kasus, periode haid tidak teratur terkait dengan kondisi yang disebut anovulasi. Artinya ovulasi tidak terjadi selama siklus haid Anda, biasanya karena ketidakseimbangan hormon yang parah.

Terkadang periode tidak teratur mungkin karena ketidakseimbangan hormon yang lebih rendah. Anda mungkin masih berovulasi, tapi waktu ovulasi Anda bisa sangat bervariasi dari bulan ke bulan. Hal ini karena gaya hidup dan kondisi medis dapat mempengaruhi siklus haid Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Makanan Ajaib Atasi Rasa Sakit Selama Haid

Adapun Faktor berikut dapat memicu periode haid yang tidak teratur, yang pertama adalah olahraga atau diet ekstrem. Berolahraga terlalu banyak bisa membuang waktu pendarahan menstruasi dan terkadang menghentikannya. Kurang berat badan, baik dari olahraga ekstrem, diet, gangguan makan, atau penyakit, bisa memiliki efek yang sama.

Kedua adalah stress. Stres kronis atau bahkan kecemasan jangka pendek mengenai masalah tertentu bisa mendatangkan malapetaka pada keseimbangan hormon Anda, menyebabkan periode menstruasi kacau dan siklus tidak teratur.

Ketiga adalah pengaruh pil. Pil KB dapat membuat menstruasi lebih ringan, atau menyebabkan Anda melewatkan periode haid atau memiliki periode yang kurang atau lebih sering - atau bahkan tidak ada periode haid sama sekali.

Yang keempat adalah Sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi medis ini menyebabkan kista kecil terbentuk pada ovarium, dapat mengganggu periode ovulasi yang teratur. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki riwayat menstruasi yang tidak teratur. Selain menyebabkan kemandulan, PCOS dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Siklus Haid Tak Teratur? Ini Penjelasannya | Breaktime
Saat haid, perut kadang terasa nyeri

Kelima adanya penyakit lainnya. Gangguan tiroid dapat menyebabkan periode tidak teratur jika kadar hormon tiroid darah terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kondisi kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan siklus tidak teratur meliputi penyakit menular seksual, diabetes, fibroid, gangguan makan, dan endometriosis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Simple untuk Menghitung Siklus Haid Sendiri

Keenam adalah faktor usia. Ketika remaja pertama mulai mengalami menstruasi, siklus menstruasi mereka mungkin tidak selalu sesuai jadwal setiap bulannya. Mungkin butuh beberapa tahun untuk menyelesaikan sebuah pola. Selain itu, periode kosong dan menstruasi yang lebih ringan atau lebih berat sering terjadi pada wanita menjelang menopause.

Kapan harus dikhawatirkan tentang masa menstruasi tidak teratur? Masa haid tidak teratur mungkin merupakan petunjuk pertama bahwa Anda memiliki kondisi yang memerlukan perhatian medis.

Jika Anda memiliki periode yang tidak rutin, dokter menyarankan Anda harus dievaluasi untuk PCOS. PCOS mempengaruhi hingga 10 persen wanita usia subur. Anda juga harus diskrining untuk gangguan tiroid dan penyakit lain yang mungkin terkait dengan periode tidak teratur.

Pencegahan dan Pengobatan Periode Haid Tidak Teratur perlu dilakukan. Jika stres adalah penyebab yang mungkin terjadi dalam siklus haid yang tidak teratur, cobalah teknik manajemen stres, seperti meditasi, yoga, tai chi, visualisasi, dan biofeedback. Hindari berolahraga berlebihan dan cobalah untuk tidak melakukan diet secara berlebihan, karena hal itu dapat mengganggu siklus haid Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Hubungan Seks Agar Cepat Hamil Setelah Haid

Pil kontrasepsi oral dapat diresepkan untuk mengembalikan menstruasi Anda ke periode semula. Tapi jika Anda lebih suka perawatan alami, cobalah black cohos. Ramuan obat ini kadang-kadang digunakan untuk penyimpangan menstruasi dan sindrom pramenstruasi, meskipun penelitian ilmiah yang ketat belum memverifikasi ramuan ini.

Beberapa masalah haid tidak teratur biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Jika lebih parah dari itu, Anda harus menemui dokter untuk memastikan adanya masalah ovulasi atau kondisi kesehatan. Dan juga Anda mungkin ingin menunda kehamilan terlebih dahulu.

Jika Anda pernah melakukan hubungan seksual pada bulan lalu, disarankan untuk melakukan tes kehamilan di rumah terlebih dahulu. Jika tesnya negatif, Anda bisa mencari pilihan lain dan berbicara dengan dokter tentang bagaimana mengembalikan siklus haid Anda ke jalur semula.



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE