Setelah Bercerai, Bisakah Tetap Bahagia? | Breaktime
Setelah Bercerai, Bisakah Tetap Bahagia?
24.08.2017

Perceraian seringkali menjadi solusi akhir para pasangan yang sedang menghadapi masalah. Ada banyak penyebab pasangan bercerai. Mulai dari masalah yang paling sepele sampai yang memang benar-benar sulit untuk diselesaikan. Beberapa masalah sepele yang sering menjadi penyebab perceraian antara lain, kurangnya eye contact, ketagihan media sosial, dan terlalu sayang hingga berujung pada tindakan posesif.

Sedangkan untuk masalah yang berat bisa jadi tentang pekerjaan. Bagaimana bisa? Pekerjaan yang dibawa pulang akan menjadi masalah ketika Anda terlalu fokus dan tak mempedulikan pasangan beserta anak-anak. Selain itu, stress karena pekerjaan juga bisa jadi penyebab. Anda secara tak sadar akan melampiaskan kekesalan pada pasangan. Oleh karena itu, jika Anda merasa mengalami banyak hal yang nantinya akan berujung pada perceraian, coba deh lakukan beberapa hal ini dulu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bocoran Tips Pernikahan Adem Ayem Kristen Bell

Meluangkan waktu untuk sendiri atau me time memang sangat perlu. Hal ini bertujuan untuk menenangkan diri sejenak. Tak hanya secara emosional, tetapi juga fisik. Setelah cukup melakukan meditasi dengan diri sendiri, Anda dan pasangan bisa membicarakan kembali dengan kepala dingin.

Setelah saling melakukan introspeksi diri, Anda dan pasangan juga harus siap menghadapi perubahan. Menyatukan dua kepala memang tidak mudah. Tapi jika salah satu di antara keduanya mau berbesar hati, yang lainnya juga akan melakukan hal yang sama.

Sebenarnya Anda juga harus berpikir bahwa perceraian bukan hanya tentang Anda dan pasangan. Orang yang akan sangat menerima dampak baik atau buruk dari perceraian itu sendiri adalah anak-anak. Oleh karena itu, bulatkan tekad dalam hati dan pikiran untuk terus bekerja sama mengurus buah hati hingga mereka beranjak dewasa. Nantinya hati Anda dan pasangan pun akan sama-sama luluh dan akan terus berusaha menjadi yang lebih baik untuk masa depan keluarga.

Cara terakhir adalah dengan meminta bantuan keluarga dan sahabat. Peran keduanya juga bisa menjadi orang ketiga yang akan membuat Anda terus berpikir ulang dan memberikan wejangan positif demi langkah yang lebih baik.

Setelah Bercerai, Bisakah Tetap Bahagia? | Breaktime
Berusaha terus menyelesaikan masalah rumah tangga
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Disfungsi Ereksi? Ini Cara Bangkitkan Gairah!

Namun, jika semua cara tersebut tidak berhasil dan keputusan bercerai tetap bulat, yang harus Anda lakukan adalah move on dan berusaha untuk terus bahagia. Sama halnya dengan bercerai, memutuskan untuk bahagia dalam kesendirian juga bukan hal yang mudah. Tapi tenang saja B’timers, ada beberapa tips ampuh untuk tetap bahagia meski menjadi seorang single parent.

Pertama adalah membuat rutinitas yang padat. Buat plan baru dalam menjalani hari-hari Anda. Buat rencana setiap jam kalau perlu. Dalam keadaan seperti ini, yang paling dibutuhkan adalah teman atau keluarga. Dengan begitu Anda bisa sejenak lupa dengan masalah emosional dan seksual. Jika memang ada hal yang harus dilakukan jangan pernah untuk menundanya.

Selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan diri. Setelah penat dengan segala masalah perceraian, Anda juga membutuhkan waktu untuk merilekskan tubuh. Atur jam tidur dengan baik. Anda juga bisa liburan sebentar untuk menyegarkan pikiran atau yang paling sederhana adalah pergi ke salon atau barbershop untuk memanjakan diri. Ini juga bisa jadi pemulihan emosional, lho.

Selain itu, Anda juga harus terus bergerak, karena bergerak secara fisik juga akan bergerak secara emosional. Olahraga misalnya, kegiatan ini akan membuat suhu tubuh meningkat. Olahraga juga memiliki efek menenangkan dan melepaskan endorfin untuk membuat Anda terus merasa lebih baik. Hal ini juga berpengaruh pada istirahat malam Anda yang juga semakin berkualitas. Akhirnya pikiran pun akan selalu fresh dan jauh dari hal-hal buruk.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bolehkah Hiking Selama Masa-Masa Kehamilan?

Terakhir adalah mempelajari hal-hal baru dan menentukan batas Anda sendiri. Sama halnya dengan olahraga, pengalaman baru juga akan memberikan perasaan lebih baik. Mempelajari hal-hal baru akan membuat pikiran tetap sibuk dan jauh dari pikiran-pikiran negatif. Setelah merasa lebih baik dengan semua itu, Anda juga harus tetap berhubungan dengan mantan. Tapi ingat, sebaiknya berhubungan mengenai hal-hal yang memang penting. Dengan begitu Anda bisa merasa tetap bahagia dan silaturrahmi tetap terjaga.

Tapi, kalau bisa sih Anda juga harus berusaha menjaga hubungan rumah tangga selalu baik. Mengatasi masalah dengan positif dan kepala dingin. Anda pun bisa memperbaiki rumah tangga yang hampir runtuh dengan cara lain selain cara-cara di atas. Penasaran cara seperti apa? Baca selengkapnya.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE