Senam Ibu Hamil Buat Proses Kelahiran Lancar | Breaktime
Senam Ibu Hamil Buat Proses Kelahiran Lancar
11.06.2017

Momen kehamilan merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi seorang wanita. Hal ini utamanya berlaku pada Anda yang tengah menginginkan seorang keturunan sebagai buah cinta ikatan pernikahan. Nah, sembari menunggu momongan Anda lahir ke dunia, tak ada salahnya lho Anda para wanita hamil rutin melakukan yang namanya senam ibu hamil.

Siapa bilang menjadi ibu hamil berarti Anda malah bermalas-malasan di rumah? Justru bila Anda mendambakan proses kelahiran yang aman dan lancar, maka sejatinya Anda harus membiasakan otot-otot tubuh untuk senantiasa bergerak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Puasa Saat Hamil, Why Not! Ini Tips & Manfaatnya

Jika Anda pasif bergerak selama kurang lebih sembilan bulan mengandung, kemungkinannya Anda tidak memiliki cukup tenaga untuk melakukan proses persalinan secara normal. Sangat disayangkan kan kalau Anda harus melalui proses operasi caesar demi kelahiran sang buah hati? Pasalnya, operasi ini selain amat menyakitkan juga mengharuskan Anda untuk mengumpulkan biaya yang tak main-main jumlahnya.

Senam Ibu Hamil Buat Proses Kelahiran Lancar | Breaktime
gerakan plié

Oleh karena itu, luangkanlah waktu barang beberapa menit untuk melakukan gerakan senam Plié. Gerakan yang terinspirasi dari gerakan dasar balet ini akan sangat baik untuk menguatkan bagian otot quadriceps alias otot kaki bagian paha. Ia juga dipercaya akan menstabilkan otot bagian lutut dan pantat sehingga menigkatkan level keseimbangan tubuh.Cara mempraktikkannya, Anda wajib berdiri di samping sebuah kursi yang kokoh. Tangan yang terdekat dengan kursi diletakkan pada bagian atas kursi dan tak lupa rentangkan kaki dengan jarak cukup lebar. Pastikan bagian jari kaki dan lutut Anda membentuk sisi  45 derajat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Menurunkan Berat Badan Saat Masa Kehamilan!

Selanjutnya tekuk lutut Anda perlahan seraya seluruh tubuh bagian atas Anda ikut bergerak ke bawah. Namun ingat, Ia harus dilakukan dengan posisi punggung yang tegak. Setelah itu baru Anda kembali ke posisi awal dengan meluruskan kembali kaki Anda secara perlahan pula. Lakukan gerakan ini selama berulang-ulang.

Gerakan senam ibu hamil yang berikutnya adalah gerakan Side-lying Inner and Outer Thigh. Ia akan menambah stamina pada bagian perut dan paha dalam Anda . Untuk mempraktikkanya, siapkan terlebih dahulu satu buah bantal dan sebuah matras. Nah, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah berbaringlahdi atas matras dengan posisi menyamping ke kanan dan lengan kanan menopang bagian kepala. 

Senam Ibu Hamil Buat Proses Kelahiran Lancar | Breaktime
gerakan Side-lying Inner and Outer Thigh

Letakkan bantal di bagian pinggang lalu tekuk kaki kanan hingga membentuk sisi 45 derajat dan luruskan kaki kiri. Next, angkat kaki kiri ke udara dan turunkan perlahan. Lakukan secara bergantian dengan kaki kanan serta lakukan secara berulang. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mitos Berhubungan Seks Saat Hamil Wajib Diketahui

Bila Anda hendak melatih bagian perut, lengan dan punggung secara sekaligus— maka gerakan selanjutnya ini adalah pilihan yang tepat untuk dimasukkan dalam rutinitas senam harian Anda. Yap, namanya adalah gerakan Plank

Senam Ibu Hamil Buat Proses Kelahiran Lancar | Breaktime
gerakan plank

Di atas matras, lakukan posisi seperti Anda hendak mempraktikkan gerakan push-up. Bedanya, Anda meletakkan lengan bagian bawah sebagai penopang tubuh Anda. Anda pun tak perlu menaik-turunkan tubuh Anda. Sebaliknya, pertahankan posisi tersebut selama satu hingga dua kali nafas. Perbanyak latihan ini sampai Anda mampu melakukannya selama lima kali nafas.

Senam Ibu Hamil Buat Proses Kelahiran Lancar | Breaktime
gerakan curl and lift

Anda mempunyai barbel seberat lima sampai delapan pon di rumah? Jika iya, maka ikutkan barbel tersebut ke dalam aktivitas senam ibu hamil Anda. Nama gerakannya adalah Curl and Lift. Caranya, duduklah di sebuah kursi dengan posisi punggung tegak. Baik bagian kaki maupun lengan harus membentuk sisi 90 derajat. Kedua lengan pun membawa barbel sambil diangkat perlahan setinggi  bahu lalu turunkan kembali. Lakukan selama beberapa kali untuk mendapatkan otot bisep dan bahu yang strong selama proses melahirkan. (kps) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE