Selamatkan Hubungan dengan Cara Sederhana | Breaktime
Selamatkan Hubungan Retak dengan Cara Sederhana yang Terlupakan
12.11.2015

Pertengakaran atau berselisih pendapat dalam sebuah hubungan adalah hal biasa. Sebab, pada dasarnya Anda adalah dua orang egois yang memutuskan untuk menikah lalu tiap hari mengalahkan diri masing-masing. Namun, jika akhir-akhir ini Anda merasa hubungan rumah tangga tak kunjung membaik, sejumlah trik berikut bisa diterapkan:

Berani mengalah

Ketika pasangan Anda sedang bicara, dengarlah ia dengan seksama dan jangan menyela apalagi mengeraskan suara. Bila pasangan menangis atau tak bisa bicara, biarkan suasana hening sejenak sampai ia bisa melanjutkan apa yang ingin dikatakannya.

Berikan perhatian

Pertikaian seringkali tak terhindarkan bila pasangan mulai merasa tak didukung atau dipercaya. Semua kekecewaan ini pada akhirnya akan menumpuk dan terlihat pada gestur tubuhnya. Oleh karena itu, berikanlah ia perhatian Anda seutuhnya dan setulus-tulusnya. Upayakan untuk tak menyalahkan sikapnya dan mulailah melakukan instrospeksi dari dalam.

Selamatkan Hubungan dengan Cara Sederhana | Breaktime
Berikan humor segar untuk menyegarkan suasana

Lontarkan humor segar

Ada masa yang mana pertengkaran jadi mendominasi hubungan. Biasanya hal ini terjadi bila masing-masing mulai lupa momen manis yang pernah dilalui di tengah kesulitan. Ambillah waktu sejenak untuk kembali bernostalgia mengingat hal-hal konyol yang pernah Anda lakukan berdua. Mulailah berbagi cerita ringan seputar pengalaman pribadi untuk mengarlikan tawa renyah.

Jangan memperumit keadaan

Ada orang yang begitu merasa terhina ketika pasangannya mengungkapkan apa saja kekurangannya. Alih-alih melakukan instrospeksi diri, mereka justru mengungkit masa kelam pasangannya dan membuatnya merasakan hal sama. Well, you make it worst. Sebab, masalah malah jadi makin rumit dan menjalar ke arah tak tentu yang susah diselesaikan.

Bahaslah masalah satu per satu sesuai dengan apa yang sedang terjadi. Usakahan tidak mengkaitkannya dengan peristiwa yang jauh korelasinya. Sebab, ini hanya akan menambah luka dan memperah kerusakan hubungan Anda berdua.

Meminta maaf

Adakalanya mereka yang meminta maaf lebih dulu bukanlah pihak yang salah. Tapi mereka yang punya kelapangan hati lebih luas dan berpikir lebih waras. Bisa jadi pasangan Anda sudah lama merasa bersalah hanya saja tak mau mengambil inisiatif minta maaf duluan. Maka, inilah kesempatan Anda untuk menyelamatkan hubungan dan bersikap lebih dewasa.

Tunggu apa lagi B’timers, datangi pasangan Anda dan peluk ia dengan penuh cinta. Sebab, ia tetaplah sosok sama yang Anda cintai sepenuh hati. Hanya saja, hal buruk tengah menguji hubungan Anda berdua sehingga sangat tak layak bila Anda memilih mundur teratur dan melepas ia begitu saja. (vsc)

Share This Article