Selain Homoseksual Ternyata Ada Skolioseksual, Apa Itu? | Breaktime
Selain Homoseksual dan Biseksual, Ternyata Ada Skolioseksual, Apa Itu?
17.10.2015

Beberapa waktu lalu media sempat dikejutkan dengan pengakuan Miley Cyrus yang menyebutkan bahwa dirinya adalah panseksual. Mungkin B’timers tidak familiar dengan istilah ini, seperti kebanyakan orang pada umumnya. Nah, sebenarnya, selain homoseksual, biseksual dan panseksual, masih ada banyak orientasi seksual lainnya dengan istilahnya masing-masing. Apa sajakah itu?

Asexual

Asexual adalah seseorang yang tidak merasakan ketertarikan seksual. Biasanya orang-orang asexual tertarik dengan keindahan rupa seseorang, namun tidak tertarik dengannya secara seksual.

Aromantic

Aromantic adalah orang yang tidak merasakan atau merasakan sangat sedikit romantisme terhadap orang lain. Mereka bukannya tidak memiliki koneksi secara emosional, tetapi memang tidak punya insting untuk membangun hubungan yang penuh keromantisan.

Graysexual

Graysexual adalah kondisi seseorang yang berada di antara asexual dan sexual. Jika seseorang termasuk graysexual, tak ada ciri spesifik dan siapa saja bisa menjadi graysexual, baik itu gay, orang yang straight, atau orang dengan identitas seksual lainnya.

Demisexual

Demisexual biasanya tidak merasakan ketertarikan seksual, kecuali mereka benar-benar sudah memiliki ikatan yang kuat dengan orang tersebut. Dan itu bisa jadi hubungan yang romantis maupun tidak.

Demiromantic

Mirip dengan demisexual, orang yang termasuk demiromantic tidak merasakan ketertarikan dalam hal romantisme kecuali mereka sudah memiliki hubungan atau ikatan yang sangat kuat dengan orang tersebut.

Lithromantic

Jika seseorang termasuk lithromantic, maka ia bisa merasakan jatuh cinta dan tertarik dengan hal-hal yang berbau romantisme, namun tidak ingin perasaannya itu terbalas. Selain itu, bisa jadi mereka ingin memiliki hubungan yang romantis, namun bisa jadi tidak.

Selain Homoseksual Ternyata Ada Skolioseksual, Apa Itu? | Breaktime
Pansexual bisa tertarik kepada lawan jenis maupun sesama jenis

Pansexual

Pengertian pansexual jauh lebih universal. Orang yang termasuk pansexual bisa jatuh cinta dan merasakan ketertarikan dari segi seksual, emosional atau spiritual dengan semua gender.

Polysexual

Mirip dengan pansexual, seorang polysexual bisa tertarik dengan seseorang ber-gender apapun, namun tidak bisa mengalami ketertarikan atau memiliki hasrat untuk bersama dengan yang lainnya.

Panromantic

Orang panromantic merasakan ketertarikan dengan orang lain dan menginginkan hubungan yang romantis, namun tidak tertarik secara seksual, apapun gender-nya.

Skoliosexual

Skoliosexual berarti orang tersebut mengalami ketertarikan dengan orang yang tidak memiliki identifikasi gender biner, contohnya transgender. Jadi orang skoliosexual justru tidak tertarik dengan orang “biasa”.

Queerplatonic relationship

Hubungan ini tidak romantis namun keduanya sangat dekat dan terikat secara emosional. Biasanya, hubungan ini lebih dalam dan intens, serta lebih sering dikenal dengan persahabatan.

Zucchini

Ini adalah sebutan untuk pasangan yang menjalin hubungan queerplatonic. Contohnya, salah satu bisa berkata tentang pasangannya, “ia adalah zucchini-ku”.

Nah, itulah identitas seksual yang mungkin selama ini belum pernah atau tidak banyak kita tahu. Menarik dan menambah wawasan B’timers, bukan?

Share This Article