Sehatkah Hubungan Asmara Anda? | Breaktime
Sehatkah Hubungan Asmara Anda?
29.12.2016

Cinta adalah salah satu bumbu kehidupan yang paling sedap. Hidup Anda pun akan terasa lebih sempurna dengan kehadiran pujaan hati dimana Anda dapat berbagi momen-momen yang membahagiakan bersama pasangan.  Akan tetapi, cinta juga adalah sebuah candu yang dapat membuat Anda mabuk kepayang. Dan ketika Anda sedang dimabuk oleh cinta, Anda tidak menyadari bahwa Anda tengah terjebak pada hubungan asmara yang tidak menyehatkan.

Dan B’Timers, seseorang yang tidak dapat mendeteksi apakah hubungan yang dijalinnya adalah hubungan asmara yang sehat cenderung akan mengalami kekerasan, baik kekerasan fisik maupun kekerasan mental. Akan tetapi sayangnya, banyak dari mereka yang tidak dapat menghindar dan memilih untuk tetap berada di hubungan yang tidak menyehatkan tersebut tanpa menyadari bahwa keadaan mental mereka pun mulai terganggu.

Dan ketika Anda sedang jatuh cinta, darimana Anda tahu bahwa hubungan Anda adalah hubungan yang sehat?

Sebuah hubungan dapat dikatakan  menyehatkan  apabila Anda dan pasangan dapat menghargai bahwa tiap orang berhak mendapatkan waktu dimana mereka dapat melakukan berbagai macam kegiatan di waktu luang baik untuk bergaul dengan teman-teman dekat maupun menghabiskan waktu sendirian. Selain itu, tidak ada satu pihak manapun yang mendominasi pihak lainnya. Anda dapat mengutarakan pendapat dan argumen tanpa harus takut bahwa pasangan Anda akan mengabaikan Anda. Dan kedua belah pihak juga tidak ragu untuk meminta maaf tanpa ada rasa gengsi. Anda dan pasangan juga merasa nyaman untuk menjadi diri sendiri karena kedua belah pihak mampu menerima satu sama lain. 

Sehatkah Hubungan Asmara Anda? | Breaktime
Menutup komunikasi bukan pertanda hubungan yang baik!

Sebaliknya, jika kekasih Anda sering bersikap clingy dan menuntut untuk selalu menghabiskan waktu bersama Anda, bahkan melarang Anda mendapatkan waktu untuk sendiri, Anda jangan merasa berbunga-bunga dulu! Karena hal tersebut bukanlah romantic gesture, tetapi sebuah sikap yang melanggar kebebasan privasi, dan hal tersebut adalah lampu peringatan bahwa bisa jadi Anda terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Pasangan Anda juga sering mendominasi Anda dalam hal apapun. Anda sering merasa kebebasan Anda terkekang, bahkan untuk mengutarakan pendapat pun Anda tidak berani. Dan ketika terjadi konflik pun, ia akan menjauhi Anda dan menolak untuk berkomunikasi tentang masalah tersebut. Wah, B’Timers, jika hal-hal di atas terjadi pada Anda, Anda harus sangat berhati-hati dan sebisa mungkin menjauh dari mereka karena deskripsi-deskripsi di atas merupakan tanda peringatan bahwa Anda tengah menjalani hubungan tidak sehat, bahkan jika dilanjutkan dapat berubah menjadi hubungan yang abusif. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE