Sedih Setelah Hubungan Seks, Apakah Ini Normal? | Breaktime
Sedih Setelah Hubungan Seks, Apakah Ini Normal?
10.02.2017

Anda merasa sedih setelah berhubungan seksual, B’timers? Well, dipercayai atau tidak, ternyata hal ini sangat normal terjadi pada wanita ataupun pria ketika merasa tertekan setelah berhubungan seks, lho. Bahkan meskipun aktivitas seksual Anda dan pasangan terasa begitu menyenangkan. Dan kondisi yang seperti ini dikenal dengan sebutan post-coital tristesse atau PTC, yang berarti “perasaan sedih”.

Yang mengejutkan adalah, ternyata tidak sedikit orang yang mengaku merasa sedih setelah mereka baru berhubungan seks dengan pasangannya. Dan biasanya emosi kuat akan kesedihan, kecemasan atau rasa gelisah ini akan muncul segera setelah Anda berdua selesai berhubungan seks sampai 2 jam setelahnya, B’timers. Wah, alasan apa yang ada di balik hal ini, hingga menyebabkan kita merasa sedih, ya?

Sedih Setelah Hubungan Seks, Apakah Ini Normal? | Breaktime
Bahkan pria pun bisa merasa sedih setelah hubungan seks, lho

Timbulnya perasaan negatif setelah seseorang berhubungan seksual ini diakibatkan karena ada hormon prolaktin. Hormon ini yang membantu terbentuknya air susu pada wanita. Namun pria juga memilikinya, lho, B’timers. Tubuh memproduksi hormon tersebut setelah merasakan orgasme. Produksi hormon ini dilakukan tubuh untuk mengurangi pelepasan hormon dopamine, hormon untuk gairah seksual.

So, bukanlah hal yang mengherankan jika setelah Anda berhubungan seksual akan merasa sedih. Karena hormon prolaktin tersebutlah yang bertanggung jawab akan tumbuhnya perasaan melankolis dalam diri Anda, B’timers. Namun sebagian besar orang tentu tak cukup dipuaskan dengan fakta tersebut. Apakah ada alasan lainnya yang bisa menyebabkan seseorang merasa sedih setelah berhubungan seks?

Well, seperti yang kita ketahui, bahwa seks adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat menghubungkan seseorang dengan pasangannya. Sementara itu hormon dopamin yang diproduksi oleh tubuh membuat Anda merasa semakin hebat di saat sedang berhubungan seks. Setelah semua gairah tersebut perlahan berakhir, perasaan bahagia yang menyenangkan pun ikut menurun. Hingga akhirnya menghilang.

Sedih Setelah Hubungan Seks, Apakah Ini Normal? | Breaktime
Usahakan untuk bersikap terbuka dengan pasangan Anda, ya, B’timers?

Dan entah apakah Anda sendiri mengakuinya atau tidak, namun pada kenyatannya hampir semua orang pernah merasa sedih setelah berhubungan seksual, lho, B’timers. Seperti yang pernah diungkapkan pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Sexual Medicine, sebanyak 46 % wanita melapor, jika mereka merasa cemas, melankolis atau sedih setelah berhubungan seks. Ini dia alasan di baliknya!

Alasan terbesar kenapa wanita mudah merasakan emosi negatif setelah berhubungan seks adalah ketika mereka merasa tidak terhubung secara emosional dan tidak sepenuhnya siap secara fisik untuk bercinta. Wanita mudah merasa rendah diri. Dan begitu aktivitas fisik yang penuh gairah ini berakhir biasanya pria akan meninggalkan wanita. Nah, inilah yang semakin menumbuhkan emosi negatif di diri wanita.

Namun perasaan yang penuh emosi yang datang setelah berhubungan seksual ini sebenarnya bisa saja terjadi pada semua wanita dan pria di usia berapapun, B’timers. Tanpa terkecuali. Yang perlu diketahui adalah, sama sekali tidak ada yang salah dengan hal ini. Yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa mengatasi perasaan penuh emosi ini. Mintalah bantuan pasangan untuk memberikan dukungan.

Jadi yang wajib Anda lakukan untuk dapat mengatasi rasa emosi negatif yang datang setelah hubungan seksual ini adalah menjalin koneksi dengan pasangan, B’timers. Dengan menjalin hubungan batin Anda dengan pasangan akan lebih terhubung. Selain itu, sangat penting untuk menunjukkan kejujuran kepada pasangan Anda, B’timers. Ketika memang tidak siap untuk bercinta, jangan ragu mengatakannya.

Karena yang paling penting di antara pasangan, selain tentunya menjaga kehidupan seksual tetap hidup, adalah meluangkan waktu untuk mengutarakan isi hati dan pikiran. Sertai segalanya dengan kejujuran, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE