Salah Paham Saat LDR? Selesaikan yuk! | Breaktime
Salah Paham Saat LDR? Selesaikan Dengan Cara Sederhana
27.11.2015

Hayoo, B'timers sedang menjalani hubungan jarak jauh ya dengan si dia? Tidak usah malu atau risih B'timers, justru hanya orang-orang tertentu lah yang bisa menjalani hubungan tipe ini. Hubungan LDR mendatangkan banyak dampak baik seperti kedewasaan, kesabaran, dan juga kepercayaan.

Namun, tak jarang juga salah masalah terjadi bahkan hanya karena masalah salah paham saja. Akan tetapi, karena jarak yang jauh bisa-bisa salah paham ini berujung dengan berakhirnya hubungan tersebut. Bagi B'timers yang bingung harus bagaimana saat si dia salah paham terhadap Anda, berikut beberapa cara untuk mengatasinya :

Salah Paham Saat LDR? Selesaikan yuk! | Breaktime
Kedewasaan, kesabaran, dan kepercayaan adalah 3 elemen penting dalam LDR

1. Bersikap Tenang

Saat salah paham terjadi, alangkah baiknya Anda berdiam sejenak dan biarkan kata-kata dari si dia melayang ke Anda. Ini bertujuan agar semua emosi yang tak tertahankan dari dia keluar ke permukaan semua. Selain itu, Anda juga menjadi tahu apa yang menjadi penyebab dari salah paham tersebut. Setelah itu, barulah Anda mulai berbicara padanya.

2. Gunakan kata maaf

Baik masalah ini terjadi karena kesalahan Anda atau si dia, turunkan ego dan gengsi Anda untuk berkata maaf saat mengawali pembicaraan. Tahukah Anda, kata maaf bisa meredam amarah bahkan mengerem seseorang untuk melakukan tindakan gila. Selain itu, Anda juga akan terlihat lebih dewasa saat mengatakan hakl tersebut.

3. Diskusikan

Bujuklah dia untuk bediskusi mengenai apa yang menjadi penyebab salah paham tersebut. Sangat dianjurkan untuk melakukan video call, karena apabila Anda menggunakan media chatting justru salah paham menjadi bertambah keruh. Itu disebabkan karena Anda dan pasangan sama-sama tidak tau ekspresi sebenarnya dari tiap kata yang Anda ketikkan.

4. Berdewasalah

Poin yang satu ini sangat penting sekali. Apabila pasangan sedang emosi dan Anda malah tersulut amarahnya, apa yang terjadi? Permasalah terselesaikan? Tidak B'timers. Gunakan kesabaran Anda untuk mendengar dan lebih peka dengan kondisi. Apabila diperlukan, Anda bisa mengalah dan menerima luapan kekesalah darinya. Setelah itu ungkapkanlah cerita dari sisi Anda yang membuat dia salah paham, dijamin si dia pasti akan mendengarkan Anda.

5. Katakan terima kasih dan lupakan

Selain kata maaf, terima kasih yang jujur dari lubuk hati juga akan membuat pasangan lebih menghormati Anda. Tunjukan bahwa diri Anda layak didengarkan dengan menghargai setiap apa yang dilakukannya, dan meminta maaf apabila melakukan kesalahan. Saat salah paham terselesaikan, usahakan untuk melupakannya dan tak mengungkit-ungkit lagi.

Masih mau bilang LDR itu sulit? Itu mudah B'timers, asalkan Anda mau berusaha dan tetap mempertahankan apa yang masih Anda cintai saat ini. Yang pasti kunci dari hubungan LDR adalah tiga hal diatas B'timers. Semangat. (wsu)

Share This Article