Sakit Pinggang saat Haid, Normalkah? | Breaktime
Sakit Pinggang saat Haid, Normalkah?
04.11.2017

Mood shift yang tidak bisa ditebak, nafsu makan yang mendadak melonjak tinggi, dan rasa kram di bagian payudara dan perut ternyata bukanlah satu-satunya hal yang harus Anda hadapi saat menstruasi akan tiba. Saat masa menstruasi tiba mungkin sebagian besar dari gejala tersebut sudah mulai menghilang. Tapi gejala PMS tersebut kemudian berganti dengan kram perut yang tak jarang mengakibatkan ketidaknyamanan. Seakan belum lengkap penderitaan Anda, pinggang Anda pun juga terasa kaku dan sakit. Sakit pinggang saat haid memang sangat mengganggu dan apakah Anda wajib merasa khawatir?

Untungnya, sakit pinggang saat haid tergolong gejala menstruasi yang normal. Jadi tidak ada yang perlu Anda khawatirkan,ladies. Sakit pinggang yang Anda rasakan sebenarnya berasal dari otot-otot uterus yang mengalami kontraksi. Anda mungkin masih ingat, bahwa peristiwa menstruasi terjadi sebagai efek dari peluruhan lapisan endometrium di dinding rahim. Setiap bulan, organ reproduksi Anda akan membentuk lapisan tebal di dinding rahim yang nantinya akan ditempeli oleh sel telur yang sudah dibuahi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cermat Rencanakan Honeymoon Trip Tak Terlupakan

Jika di masa itu terjadi pembuahan, maka sel telur yang sudah dibuahi sperma akan melewati tuba fallopi menuju rahim dan menempelkan dirinya pada lapisan endometrium. Sel telur tersebut nantinya akan membelah diri menjadi zigot, yang terus berkembang menjadi embrio, dan di tahap akhir akan berkembang menjadi apa yang Anda kenal sebagai janin. And that’s how the babies are made.

Sebaliknya jika tidak terjadi pembuahan, maka tubuh secara otomatis akan menggugurkan lapisan endometrium tersebut untuk kemudian dibuang ke luar tubuh. Tubuh kemudian memproduksi hormon prostaglandin, yaitu hormon yang memicu terjadinya kontraksi rahim. Dan dalam kasus umum, kontraksi dari rahim tersebut terlalu kencang sehingga menekan pembuluh darah di area pinggang bagian bawah. 

Sakit Pinggang saat Haid, Normalkah? | Breaktime
Redakan sakit pinggang saat haid dengan kompres

Akibatnya otot-otot di area tersebut tidak memperoleh pasokan oksigen yang cukup. Jadi itulah alasan kenapa Anda sering merasakan rasa sakit yang teramat sangat di bagian pinggang bawah, dan tak jarang rasa sakit tersebut menjalar hingga bagian paha kaki. Dan karena keluhan Anda juga dialami oleh hampir separuh populasi wanita di dunia, tidak ada hal yang perlu Anda khawatirkan.

Hanya saja, B’Timers wajib waspada apabila rasa kram yang Anda rasakan terasa sangat parah hingga mengakibatkan Anda merasa lemas dan tidak bertenaga, atau jika Anda merasakan rasa sakit yang kian meningkat tiap siklus bulanan. Bukannya BreakTime menakut-nakuti Anda nih, tapi rasa kram perut yang berlebihan bisa jadi merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah pada sistem reproduksi Anda. Bisa jadi kram perut tersebut merupakan pertanda dari gejala endometriosis, fibroid di uterus, pembengkakan pada rongga panggul (pelvis), hingga infeksi.

Secara singkat, endometriosis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pembentukan endometrium di luar rahim. Jaringan tersebut akan luruh ketika tidak terjadi pembuahan sel telur, tapi karena letak tumbuhnya endometrium yang tidak normal, luruhan jaringan tersebut tidak dapat keluar dan akan mengendap dan mengakibatkan iritasi pada jaringan-jaringan sehat di sekitarnya.  

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serunya Kehidupan Ranjang di Usia 30-an

Fibroid uterine atau yang lebih dikenal dengan miom adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh di dalam rahim. Mendengar kata tumor mungkin Anda langsung membayangkan hal mengerikan seperti kanker ya? B’Timers bisa bernapas lega karena tumor ini tidak akan berubah menjadi kanker.

Biarpun demikian, miom memang berpotensi mengakibatkan ketidaknyamanan dan resiko terserang anemia. Faktor penyebab utama dari miom seringkali disebabkan oleh faktor genetik dan ketidakseimbangan produksi hormon, terutama hormon progesteron, estrogen, dan insulin.

BACAJUGA:3   

Sakit pinggang saat haid memang hal yang sangat normal, hanya saja B’Timers wajib tahu kapan Anda harus memeriksakan diri ke dokter ya! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE