Putus Cinta Bukanlah Akhir Ayo Bangkit! | Breaktime
Putus Cinta Bukanlah Akhir, Ayo Bangkit dengan Cara-Cara Ini!
02.01.2016

Tidak ada yang mengingkari, bahwa perceraian atau putusnya hubungan cinta yang serius akan meninggalkan luka dan kesedihan yang mendalam. Apapun alasannya untuk berpisah, terlepas dari Anda menginginkannya atau tidak, perpisahan akan membuat seluruh hidup Anda berubah.

Anda yang pernah mengalami perpisahan mungkin juga bertanya-tanya, mengapa terasa sangat menyakitkan meskipun hubungan tak pernah berjalan baik? Ya, perceraian atau perpisahan akan selalu menyakitkan karena perpisahan adalah kata lain dari kehilangan. Anda kehilangan mimpi dan komitmen yang dibagi dan dibina bersama pasangan selama ini.

Akhirnya, ketika Anda menyadari hubungan Anda gagal dan tak bisa bertahan lama, Anda mulai merasakan kecewa yang hebat, stress dan perasaan yang terluka. Perpisahan selalu membawa kita ke dalam masa-masa suram. Segalanya tiba-tiba menjadi tak terurus, rumah berantakan, rutinitas dan tanggung jawab terbengkalai, hubungan dengan keluarga dan teman-teman tak berjalan lancar, bahkan dalam beberapa kasus menyebabkan salah satu pihak mengalami krisis identitas.

Perpisahan juga membuat seseorang merasakan ketidakpastian dalam hidup. Apa yang akan terjadi hidup tanpa pasangan? Apakah nanti akan menemukan seorang pengganti, atau berakhir sendirian hingga mati? Ketidakpastian ini terasa seribu kali lebih menyiksa daripada hubungan yang tak bahagia.

Bagaimanpun, akan selalu ada cara dan jalan untuk menyembuhkan hati yang terluka karena perpisahan atau perceraian. Strategi-strategi ini semoga bisa membantu Anda untuk bangkit dari keterpurukan dan rasa sedih, B’timers!

  • Ingat bahwa perasaan sakit Anda akan berlalu

Adalah hal yang normal jika Anda merasa sedih, marah, kecewa, lelah, frustasi dan bingung. Terima saja apa yang saat itu Anda rasakan. Namun jangan biarkan diri Anda dikuasai oleh perasaan negatif saja. Yakinlah dan ingatlah bahwa meski memerlukan waktu lama, ada waktunya di mana Anda tidak akan merasakan kesedihan itu lagi.

  • Beri diri Anda waktu

Beri diri Anda sendiri waktu untuk merenung dan menenangkan diri. Mungkin untuk sementara waktu pekerjaan dan rutinitas Anda akan terganggu. Namun, proses ini sangat penting untuk Anda kembali pada diri Anda yang sebenarnya, to back to your sense. Tidak ada superman dan tidak ada superwomen di dunia ini. Ambillah waktu untuk istirahat, kumpulkan energi dan bersiaplah untuk sembuh.

Putus Cinta Bukanlah Akhir Ayo Bangkit! | Breaktime
Berikan diri Anda waktu untuk memulihkan diri
  • Jangan melewati semua itu seorang diri

Ini yang terpenting. Bagaimanapun, jangan biarkan diri Anda melewati masa sulit ini seorang diri. Cobalah berbagi dengan keluarga dan teman-teman. Berkumpul dengan kelompok yang mungkin mengalami hal yang sama juga akan sangat membantu Anda untuk segera sembuh dari sakitnya perpisahan.

Ketahuilah bahwa terlalu lama mengurung diri akan meningkatkan tingkat stres Anda, mengurangi konsentrasi Anda dan mengganggu pekerjaan Anda. Keluarlah dan berhubunganlah dengan  orang lain. Jangan takut untuk meminta bantuan dari luar jika Anda membutuhkannya.

Proses penyembuhan dari rasa sakit akibat perpisahan dan perceraian memang sulit. Namun apapun itu, tidak ada masalah yang tak terselesaikan dan tidak ada rasa sakit yang tak bisa disembuhkan. Yang diperlukan hanyalah kegigihan dan kesabaran. Kita harus ingat bahwa semuanya perlu waktu, dan usaha yang kuat akan membuahkan hasil yang baik. Selamat berjuang menyembuhkan hati, B’timers! (nap)

Share This Article