Psssttt, Ini Lho, Manfaat Cinta untuk Kesehatan! | Breaktime
Psssttt, Ini Lho, Manfaat Cinta untuk Kesehatan!
26.03.2016
“Love is not about how much you say ‘I Love You’, but how much you can prove that it’s true.” – Anonymous

Cinta meski sering dianggap sebagai keajaiban, merupakan suatu hal yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Ketika jatuh cinta, otak akan merangsang rilis hormon oksitosin dan dopamin yang menimbulkan rasa nyaman, tenang, serta bahagia sekaligus. Tak hanya itu, cinta juga memiliki pengaruh positif bagi kesehatan Anda. Berikut ulasannya!

Menurunkan tekanan darah

Dalam sebuah penelitian, terungkap bahwa tekanan darah seseorang lebih rendah saat mereka berada dekat dengan pasangannya dibandingkan dengan orang lain. Hal ini disebabkan oleh perasaan familiar dan nyaman satu sama lain. 

Psssttt, Ini Lho, Manfaat Cinta untuk Kesehatan! | Breaktime
Cinta dapat menurunkan tekanan darah sekaligus menjaga kesehatan jantung

Menurunkan kolesterol

Percayakah Anda bahwa cinta dapat menurunkan kolesterol? Jika ingin membuktikannya, coba tulis surat cinta dan kirimkan secara tradisional. Lupakan email dan aplikasi chatting untuk mendapatkan manfaat baik ini.

Meredakan stres

Stres merupakan salah satu pengundang penyakit. Untuk itu, Anda harus mengatasinya dengan segera. Cara terbaik untuk meredakan stres adalah menggenggam tangan pasangan ataupun bergandengan tangan saat berjalan bersama. Bahkan, hanya berada di dekat pasangan juga dapat mencegah dan mengatasi stres.

Selain hal-hal sederhana tersebut, hubungan intim dengan seseorang yang dicintai juga sangat ampuh untuk meredakan stres. Jadi, tak ada salahnya bukan melakukan aktivitas romantis ini tiap hari?

Psssttt, Ini Lho, Manfaat Cinta untuk Kesehatan! | Breaktime
Jaga kesehatan tubuh bersama pasangan

Meningkatkan kadar oksitosin

Oksitosin, sering disebut sebagai hormon bahagia karena memang dapat menimbulkan rasa nyaman, tenteram dan bahagia. Rilis hormon ini akan meningkat pesat ketika Anda dan pasangan berpelukan mesra. Tak hanya itu, pelukan yang dilakukan secara rutin juga dapat menurunkan tekanan darah pada wanita.

Lebih menjaga pola hidup sehat

Penelitian menunjukkan bahwa pasangan menikah memiliki frekuensi yang lebih intens melakukan olahraga dan pergi ke gym dibandingkan mereka yang masih single. Hal ini menunjukkan adanya power couple untuk hidup lebih sehat sekaligus meningkatkan hormon endorfin bersama.

Sangat banyak bukan manfaat romantisme untuk kesehatan. Namun, hal ini hanya berlaku untuk hubungan yang sehat. Karena pada hubungan yang buruk, depresi yang berakibat pada rasa penolakan sosial dan nyeri fisik sangat mungkin terjadi. Bagaimanapun, jangan lupa cara untuk mencintai ya, B’timers. (dfr)

Share This Article